Tutorial: setting bit rate / bit resolution dan sample rate sebelum rekaman di steinberg cubase dan steinberg nuendo


Sebelum anda melakukan rekaman atau recording atau tracking, alangkah baiknya memeriksa dan men-setting bit rate dan sample rate. Hal ini penting sekali di lakukan di mengerti.

Apa itu bit rate dan bit resolution? bit rate dan bit resolution sangat menentukan berapa luas atau lebar dynamic range yang dimiliki oleh track atau hasil rekaman anda. misalnya kita merekam dengan bit rate dan bit resolution 16bit, maka apabila di pandang dalam ilmu teori, hasil rekaman kita tersebut hanya memiliki dynamic range 96db, jadi walau soundcard atau audio interface atau conveter kita memiliki  S/N Ratio 120dB sekali pun, rekaman kita yang ber format 16bit akan tetap hanya memilki dynamic range 96dB, maka alangkah baiknya merekam dengan format 24bit apabila memungkinkan.Semakin tinggi sbit rate dan bit resolution, semakin besar pula penyitaan ruang hardisk anda untuk data yang disimpan :)

Sample rate juga, semaikn tinggi akan semakin bagus, kenapa? sample rate sangat menentukan frequency, khususnya di frequency hi atau tinggi, Lalu harus berapa sample rate? CD audio memiliki sample rate 44.1Khz, alangkah baiknya anda merekam diatas angka tersebut. saya biasa merekam di 48Khz. Semakin tinggi sample rate audio yang direkam, semakin besar pula data yang di simpan di hardisk :)

Oke langsung saja ke tutorialnya:
Pertama anda harus membuat sebuah project dahulu di steinberg cubase atau steinberg nuendo. untuk tutorialnya bisa ke potingan saya sebelumnya yang berjudul Tutorial: membuat sebuah project baru di steinberg cubase atau stenberg nuendo

1. Saya anggap anda sudah memiliki sebuah project seperti screenshot dibawah ini

2. Lalu pergi atau klik menu Project -> Project setup




Lalu pilih berapa bit rate / bit resolution materi lagu yang anda ingin rekam

Pilih juga berapa sample rate meteri yang ingin anda rekam

Apabila anda membawa data rekaman dari studio lain yang ingin anda tambahkan rekaman / track nya, mixing, edit dan lain-lain, sebelumnya anda harus mengetahui dan men-setting bit rate / bit resolution dan sample rate.

Semoga berguna :)

Jangan lupa untuk berkomentr yah :D





Artikel Terkait:

15 comments:

  1. thanks bgt. sangat membantu.

    ReplyDelete
  2. mas mau nanya...kemarin saya coba buka data project rekaman teman saya yang punya sample rate nya 48.000 di rekam pake Cubase juga...saya pake line6 POD UX2 dan Cubase 5...waktu saya set sample rate di Cubase saya ke 48.000 saat mau playback loading suaranya lama banget...harus nunggu kira-kira 15 menitan...tapi jika buka project yang di buat di sample rate 44100 dia aman-aman aja mas...kenapa ya mas ? mohon bantuannya...makasih sblumnya :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ....pengalaman baru lagi nih...thanks...

    ReplyDelete
  4. wah mantap nih bang, salut deh...
    saya baru mulai belajar nih, masih newbie dalam masalah audio recording... he he he...

    ReplyDelete
  5. terima kasih..sangat memberi saya petunjuk...

    ReplyDelete
  6. erima kasih bayak... sangat membantu Smoga Alloh anda denan rezeki ygberlimpah amin......dan teruskan memberikan imu cara-cara perekaman ......terima kasih bnyak..skss slalu..

    ReplyDelete
  7. bgtu bnyak software recording mmbwt sya sndiri jd bingung mau milih yg mna ... hehehe

    jd ga punya pndirian nih, kdang pk Audi edit maggig, wavepad, fl studio, tp blum prnh pk k 2 software di atas, pngen donlot tp susah nyari link nya yg full version..(mungkin ada yg bisa bntu,)'' thx mas admin...

    ReplyDelete
  8. Coba ke sini:
    http://www.4shared.com/folder/hy8yx5uu/Audio_Recording_Software.html

    ReplyDelete

 

Follower

Facebook Box

Twitter

Copyright © 2010 Distorsi All Rights Reserved
Distorsi | Toko Distorsi | Contact Us | Bonard Alfin's Blog | Merakit Quadcopter