Alat yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman audio sederhana


BACA ARTIKEL YANG TERBARU TENTANG ALAT STUDIO REKAMAN
Alat-alat untuk studio rekaman sederhana

Seperti janji saya pada postingan sebelumnya yang berjudul Home recording menjamur!. saat ini saya akan memberi tutorial tentang Alat yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman audio sederhana

Ada beberapa alat kecuali alat-alat instument (alat-alat intsrument seperti drum, guitar, bass, dll) yang dibutuhkan dalam pembuatan home recording, beberapa di antaranya:

1. Sebuah komputer:  
Tentu saja kita amat sangat membutuhkan komputer, karena yang saya bahas disini adalah rekaman berbasis digital. Semua mulai dari tunner, pemilihan fx guitar maupun bass, drum, editing, mixing, mastering kita lakukannya dengan bantuan komputer. Oleh karena itu alangkah baiknya bila komputer yang digunakan memiliki spek yang baik. Kenapa? Karena untuk melakukan kegiatan itu semua akan memberatkan kinerja processor, ram, maupun hardisk.

Lalu bagaimana bila tidak mempunyai komputer yang mid-end hingga high-end?? Jangan berkecil hati dulu. Dahulu waktu saya pertama kali belajar recording komputer saya sbb:
Processor: intel celeron p4 1,8 ghz
Ram: SDRAM 256mb
Hardisk: ATA 40 gb
Soundcard: onboard (akan lebih jauh dibahas di poin 2)

Lalu pelan-pelan saya upgrade:
Processor: intel pentium D 3ghz
Ram: ddr2 2gb
Hardisk: SATA 80 gb 7200rpm
Soundcard: Sound Blaster 7.1 (akan lebih jauh dibahas di poin 2)


Lalu sekarang saya memakai
Processor: intel dual core 2,66ghz< Ram: ddr2 2gb
Hardisk: SATA 250 gb 7200rpm
Soundcard: ESI Juli@ PCC 192khz 24bit (akan lebih jauh dibahas di poin 2)


2. Soundcard / conveter / audio interface    
Soundcard dalam bahasa indonesia adalah kartu suara. Apa itu? Apa gunanya? Dan bagaimana cara kerjanya?
Soundcard adalah suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.

Fungsi soundcard adalah sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia. Sedangkan cara pengangkutan suara biasanya menggunakan tiga cara, yaitu :
1. Melalui teknologi frequency modulation (FM) atau Sintesa lewat FM adalah cara yang paling efektif untuk menghasilkan suara yang jernih. Suara disimulasikan dengan menggunakan bilangan algoritma untuk menghasilkan sine wave, alias gelombang yang lentur sehingga menghasilkan suara yang mirip suara sumber aslinya. Misalnya, suara denting gitar akan disimulasikan dan hasilnya akan mendekati suara asli.
2. Cara wavetable adalah merekam suara yang tersimpan pada chip kartu suara, dan meneruskannya ke spiker.
3. Synthesizing secara fisik berarti suara disimulasikan melalui prosedur programming yang kompleks.

Cara Kerja Soundcard yaitu
ketika anda mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter :Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.

Ketika anda merekam suara lewat microphone. suara anda yang berupa analog diolah oleh DSP, dalam mode ADC ( Analog Digital Converter : Konversi analog ke digital). Mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital yang berkelanjutan. Sinyal digital ini simpan dalam format waveform table atau biasa ditulis Wav(wave) dalam disk atau dikompresi menjadi bentuk lain seperti mp3.

sumber: dari berbagai sumber.


Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar


Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard onboard (onboard = yang menempel pada motherboard)




Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard PCI



Gambar diatas merupakan contoh gambar soundcard USB dan FIREWIRE


Beberapa orang dan sound engineering (sound engineering=operator rekaman / orang yang bekerja untuk merekam audio, memperbaiki audio maupun membuat sebuah jinggle dll) menyebut soundcard dengan nama CONVETER ataupun AUDIO INTERFACE karena belum tentu sebuah CONVETER ataupun AUDIO INTERFACE berupa "kartu" yang dipasang di motherboard pada cpu komputer, karena saat ini CONVETER atau AUDIO INTERFACE ada yang berupa box, mixer dan lain-lain (soundcard eksternal). 

Tapi saya akan menggunakan kata soundcard untuk mempermudah penjelasan.

Di sebuah soundcard ada beberapa lubang (untuk soundcard onboard maupun multimedia diberi warna yang berbeda untuk membedakannya), lubang-lubang tersebut mempunyai fungsi masing-masing.

Untuk soundcard onboard dan multi media contohnya sound blaster audigy dll banyak sekali kekurangan kekurangannya (untuk belajar mungkin masih bisa dipakai, namun bila ingin serius dan ingin hasil yang lebih memuaskan, tidak disarankan memakai soundcard2 tersebut).
Kekurangan-kekurangannya adalah:
1. Kualitas untuk merekam suara kurang bagus, banyak nya noise yang sudah pasti mengalahkan suara yang ingin anda rekam. biasanya soundcard onboard hanya bisa merekam maksimal 16bit), coba saja dibandingkan dengan soundcard yang memang di tujukan untuk spesialis rekaman yang bisa merekam maksimal 24bit bahkan 32bit!. sample rate? biasa nya soundcard onboard mempunyai sampling rate yang kecil, 44,1Khz, walaupun ada yang lebih seperti 48Khz namun tetap saja soundcard tersebut tidak disarankan untuk dipakai rekaman)

2. Latency, atau beberapa orang menyebutnya delay. walaupun bisa di akali dengan driver ASIO4ALL namun tetap saja masih terasa latencynya.

3. Koneksi masih menggunakan jack 3,5mm Sedangkan instrumen musik pakai jack 1/4 atau kabel XLR atau kabel TRS.walaupun bisa diakali dengan extention, namun belum tentu extention tersebut malah membantu, bisa saja malah membuat hasil rekaman anda semakin tidak bagus.

4. Kualitas AD/DA converter yang tidak di peruntukan untuk rekaman professional

sumber ide untuk menulis kekurangan tersebut  dari forum musiktek

Untuk soundcard khusus untuk recording biasa nya mempunyai spek yang berbeda-beda menurut kebutuhan. Jadi menurut saya, hal yang pertama kali anda beli adalah sebuah SOUNDCARD atau CONVETER atau AUDIO INTERFACE sesuai budjet dan kebutuhan. Semakin khz dan bit depth nya besar, akan semakin baik sample / materi yang anda rekam. (untuk soal colour dan lain-lain jangan segan-segan bertanya pada toko alat musik yang anda kunjungi)

Yang dimaksud dengan kebutuhan diatas adalah berapa channel IN PUT dan OUT PUT yang ada butuh kan (misalnya untuk merekam drum anda membutuhkan minimal 8 channel INPUT). Namun menurut saya bila hanya untuk home recording / membuat studio dirumah atau kamar anda, 2 CHANNEL INPUT sudah lebih dari cukup. Untuk drum kita bisa memakai PLUGINS / VSTi seperti Addictive drum, Fxpansion BFD2, dan lain-lain..

3. Speaker monitor
Speaker monitor untuk rekaman / recording sangat berbeda dengan speaker multimedia. speaker multimedia biasanya melebih-lebihkan / mem-boost frequency tertentu. Biasanya speaker-speaker tersebut mem-boost pada low frequency (bass) dan high frequency (treble). Sedangkan untuk rekaman / recording membutuh kan speaker FLAT yang jujur pada frequency alias tidak melebih-lebihkan atau memboost pada frequency tertentu. Untuk mempunyai speaker yang flat mungkin akan memberatkan kantong anda. Cara mengakalinya adalah (walaupun tidak di rekomendasikan untuk tidak  menggunakan speaker yang tidak flat) 

A. Kenali speaker anda.
Kenali karakter speaker yang anda punya, apakah speaker anda mem-boost low frequency ataupun mem-boost high frequency. Karakter speaker anda, hanya anda yang mengenali dan mengerti. Gunakan feeling dan mulailah mempercayai speaker anda dikit demi sedikit. 

B. Sering-sering mendengarkan lagu-lagu referensi anda di speaker yang anda punya.
Karakter speaker anda akan mulai anda hapal seiring dengan waktu. Sering-sering lah mendengarkan lagu-lagu yang telah direkam, dimixing dan dimastering oleh para professional. 

C. Kenali karakter ruang kamar anda.
Tidak dipungkiri, studio-studio professional menggunakan tata ruang akustik yang telah di perhitungkan dengan baik. Bass trap, difusser, dan lain-lain akan menghiasi studio-studio mereka. Seperti yang diterang kan diatas, dengan sering-sering mendengarkan lagu referensi anda, anda akan lebih mengenal karakter ruangan anda.

4. Preamp
preamp digunakan untuk meningkatkan gain signal input sebelum masuk ke soundcard. bisa juga digunakan untuk coloring. kalau saya menggunakan preamp untuk mengambil panthom powenya saja. panthom power dibutuh kan bila kita mengunakan mic condensr untuk rekaman.

Gambar diatas merupakan contoh gambar preamp dari behringer "tube ultragain mic200"


Untuk yang belum bisa membeli preamp, kita dapat mengakali dengan mengganti preamp dengan efek / FX stombox yang di bypass. FX yang di bypass / tidak dihidupkan / tidak di on kan bunyi efek nya (misalnya anda mempunyai FX stombox metalzone yang sangat sangar untuk distort, jangan gunakan distort nya, namun cleannya saja, jadi istilahnya hanya "numpang lewat"), akan membantu menaikan gain dari source audio.

Gambar diatas merupakan contoh gambar FX stombox dari BOSS "Metal Zone MT-2"

5. Kabel
Jangan anggap sepele soal kabel. Kabel murahan akan membuat hasil rekaman anda dikalahkan dengan suara noise, dengung dan lain-lain. Belilah kabel yang bagus bila anda ingin hasil rekaman anda terdengar layaknya rekaman professional.

6. Mic untuk vokal
Mic adalah alat yang digunakan untuk menangkap suara atau signal.
Vokal adalah elemen penting dalam suatu lagu. Pendengar akan merasa kecewa apabila dalam suatu lagu yang aransement nya bagus, suara audio instrument bagus, namun suara audio vokal yang tidak bagus. Dan mungkin pendengar tidak akan kembali mendengar lagu anda untuk kedua kali nya karena telanjur kecewa dengan kualitas suara audio vokal di lagu anda.

Mic yang ada saat ini ada beberapa macam yaitu Dynamic, Condenser, dan lain-lain

Untuk memilih dan membeli mic, sesuaikan dengan kebutuhan, karakter dan budget yang anda punya. Bila ingin membeli jangan segan-segan untuk bertanya pada toko musik yang anda kunjungi, tentang karakteristik mic, butuh panthom power atau tidak dan lain-lain. 
Tambahan:
-untuk merekam vokal, dianjurkan menggunakan pop filter dan stand mic


Agar suara yang direkam tidak naik turun dikarenakan vokalis band anda menyanyi menjauh dan mendekat antara mulut dan mic.

oke semoga bermanfaat.
salam.

BACA ARTIKEL YANG TERBARU TENTANG ALAT STUDIO REKAMAN
Alat-alat untuk studio rekaman sederhana





Artikel Terkait:

649 comments:

  1. Woih.... sob...
    boleh juga...
    kalo boleh saya ingin tau softwarenya apa terus berapa budget untuk membuat studio rekaman sederhana...
    yups paling nggak bisa di pake untuk buat demo aja...
    hihihihihihihihi..
    salam kenal dan salam hangat dari blogger BAli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami adalah Lembaga Keuangan Bersertifikat menyetujui dana untuk semua jenis proyek. Pinjaman / penawaran keuangan diberikan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan itu durasi pembayaran sangat ramah dan pelanggan nyaman.
      Jangka waktu pengembalian adalah dalam waktu 12 sampai 120 bulan dengan 6-12 bulan masa tenggang awal dengan tidak ada hukuman re-pembayaran.
      Kami menyetujui pendanaan untuk sampai $ 100 Juta dan di atas tergantung pada sifat dari bisnis.
      Kami sedang pendanaan untuk ada bisnis dengan tim manajemen yang ada, dengan pekerjaan utama pada Energi, Kontrak Eksekusi, Commercial Real Estate Pembelian, Ekspansi Bisnis, Transportasi, Teknologi, Kesehatan, bayar sewa, pajak, membeli mobil dll
      Kami terbuka untuk memiliki hubungan bisnis yang baik dengan Anda sebagai skema keuangan kami sangat fleksibel dan pelanggan nyaman.
      Jika Anda berpikir Anda memiliki latar belakang yang solid dan ide membuat keuntungan yang baik dalam usaha apapun, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk kemungkinan kerjasama bisnis.
      Jika Anda tertarik dengan tawaran ini, silakan hubungi kami melalui email untuk menerima Syarat Pendanaan dan Ketentuan. (sydneyloanfirm@yahoo.com)

      Semoga sukses!!!

      Delete
    2. Kami adalah Lembaga Keuangan Bersertifikat menyetujui dana untuk semua jenis proyek. Pinjaman / penawaran keuangan diberikan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan itu durasi pembayaran sangat ramah dan pelanggan nyaman.
      Jangka waktu pengembalian adalah dalam waktu 12 sampai 120 bulan dengan 6-12 bulan masa tenggang awal dengan tidak ada hukuman re-pembayaran.
      Kami menyetujui pendanaan untuk sampai $ 100 Juta dan di atas tergantung pada sifat dari bisnis.
      Kami sedang pendanaan untuk ada bisnis dengan tim manajemen yang ada, dengan pekerjaan utama pada Energi, Kontrak Eksekusi, Commercial Real Estate Pembelian, Ekspansi Bisnis, Transportasi, Teknologi, Kesehatan, bayar sewa, pajak, membeli mobil dll
      Kami terbuka untuk memiliki hubungan bisnis yang baik dengan Anda sebagai skema keuangan kami sangat fleksibel dan pelanggan nyaman.
      Jika Anda berpikir Anda memiliki latar belakang yang solid dan ide membuat keuntungan yang baik dalam usaha apapun, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk kemungkinan kerjasama bisnis.
      Jika Anda tertarik dengan tawaran ini, silakan hubungi kami melalui email untuk menerima Syarat Pendanaan dan Ketentuan. (sydneyloanfirm@yahoo.com)

      Semoga sukses!!!

      Delete
    3. Good day Loan Seekers Solution for your financial problems......
      We are a fully registered and certified loan firm, that offers secured and unsecured loans to individuals and companies at a very low interest rate of 2%. We offer long and short term loans.Our company has recorded a lot of breakthroughs in the provision of first class financial services to our clients, especially in the area of Loan syndication and capital provision for individuals and companies. We have brought ailing industries back to life and we back good business ideas by providing funds for their up start. We have a network of Investors that are willing to provide funds of whatever amount to individuals and organizations to start business and operations.We are a group of energetic and experienced loan professionals with thorough knowledge of financial markets.In general we offer mortgages, home loans business loans and bad credit loans commercial loans, start-up- working capital loans construction loans car loans, hotel loans Xmas loans Our interest rate is 2% per annual repaid, our loan takes a maximum of 3 working days to get to all approved customers across the globe.You can contact us via

      elvinloancompany@yahoo.com

      elvinloancompany.bravesites.com

      +1(307) 213-2540

      Delete
  2. untuk software nanti saya akan bahas pada posting selanjut nya mas,
    dan untuk budget sesuai kebutuhan dan budget yang dipunya, coba saja jalan-jalan ke toko musik dan jangan sungkan untuk bertanya disana...

    tapi seandainya dana/budget nya sedikit,
    coba saja untuk soundcard nya memakai sound blaster 7.1,

    lalu untuk preamp nya diganti dengan FX stombox yang di bypass / tidak dihidupkan / tidak di "on" kan bunyi efek nya. misalnya anda mempunyai FX stombox metalzone yang sangat sangar untuk distort, jangan gunakan distort nya, namun cleannya saja, jadi istilahnya hanya "numpang lewat"(agar lebih jelas, akan saya masukan gambarnya di posting diatas pada bagian preamp)

    dan anda siap untuk rekaman!
    (selain alat instrumennya dan komputer loh)

    soundcard sound blaster 7.1 itu kalau salah salah harga baru nya Rp275.000.

    salam

    ReplyDelete
  3. Thank u pencerahannya sobat...
    met istirahat.. lo ada artikel baru infoin yach...

    ReplyDelete
  4. mas menurut mas, yang bagus itu souncard nya pake PCI apa fireware apa USB ?

    btw artikel nya bagus bagus ya :)

    ReplyDelete
  5. alow
    minta bantuannya nih
    sebelumnya saya pake soundblaster live 24 bit dengan speaker creative T7900 semua colokan di sc kepake semua termasuk buat internal tv tuner

    kemarin saya di kasih sc esi juli@, ternyata colokannya beda dengan sb live 24 bit.

    bisa bantu saya caranya agar sc juli@ bisa nyambung dengan speaker saya? apa yang saya harus beli dan siapkan

    trimaksih

    ReplyDelete
  6. @elz, sebenarnya tergantung kebutuhan mas, kalau ingin gk ribet masalah kabel ya pilih soundcard PCI, kalau ingin mobile pilih soundcard USB atau Firewire.

    tapi kalau saya disuruh milih, saya milih firewire :D

    @dedi: itu yang PCI kan?
    kalau saya mau gk mau di akalin mas,
    ini gambar kabelnya (klik link nya)

    GAMBAR KABEL SOUNDCARD

    itu saya kabelnya saya bikin sendiri, dua ujung kabel yang besar untuk ke soundcard, yang kecil ke speaker

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami adalah Lembaga Keuangan Bersertifikat menyetujui dana untuk semua jenis proyek. Pinjaman / penawaran keuangan diberikan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan itu durasi pembayaran sangat ramah dan pelanggan nyaman.
      Jangka waktu pengembalian adalah dalam waktu 12 sampai 120 bulan dengan 6-12 bulan masa tenggang awal dengan tidak ada hukuman re-pembayaran.
      Kami menyetujui pendanaan untuk sampai $ 100 Juta dan di atas tergantung pada sifat dari bisnis.
      Kami sedang pendanaan untuk ada bisnis dengan tim manajemen yang ada, dengan pekerjaan utama pada Energi, Kontrak Eksekusi, Commercial Real Estate Pembelian, Ekspansi Bisnis, Transportasi, Teknologi, Kesehatan, bayar sewa, pajak, membeli mobil dll
      Kami terbuka untuk memiliki hubungan bisnis yang baik dengan Anda sebagai skema keuangan kami sangat fleksibel dan pelanggan nyaman.
      Jika Anda berpikir Anda memiliki latar belakang yang solid dan ide membuat keuntungan yang baik dalam usaha apapun, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk kemungkinan kerjasama bisnis.
      Jika Anda tertarik dengan tawaran ini, silakan hubungi kami melalui email untuk menerima Syarat Pendanaan dan Ketentuan. (sydneyloanfirm@yahoo.com)

      Semoga sukses!!!

      Delete
  8. Hanya menambahkan.. :)

    Good Player---Good Recording (instrument, room and technique recording)---Good MiXing---Good Mastering = Good song... :)

    salam

    ReplyDelete
  9. boss soundcard yang bagus tapi gag terlalu mahal buat home recording apa ya ?????mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
  10. mas saya kemarin coba rekaman kecil2an ama temen2 tp lagunya dangdut... nah saya pake' software adobe audition 1.5 trus saya rekam per trak... sketnya alat musik speaker aktif mixer trus laptop saya (core 2 duo ram 1 GB), tapi untuk vokal n kendangnya g bisa maksimal.... mohon saranya....

    ReplyDelete
  11. Anonymous said...
    boss soundcard yang bagus tapi gag terlalu mahal buat home recording apa ya ?????mohon bantuannya ya

    me: ESI Julia juga boleh :)


    Anonymous said...
    mas saya kemarin coba rekaman kecil2an ama temen2 tp lagunya dangdut... nah saya pake' software adobe audition 1.5 trus saya rekam per trak... sketnya alat musik speaker aktif mixer trus laptop saya (core 2 duo ram 1 GB), tapi untuk vokal n kendangnya g bisa maksimal.... mohon saranya....

    me: Gendangnya bikin aja mas pake fruity loop, untuk vocal... hhe mungkin saatnya untuk nabung yah mas :(

    ReplyDelete
  12. Bro,
    harga soundcard external aka converter itu berapaan ya kisarannya?
    Trus mau nanya, ane kan punya multifx zoom g 9.2 TT, nah itu bisa difungsiin buat preamp ga?kan kalo secara logika kalo stompbox metalzone aja bisa, multifx jg bs dong?
    mohon pencerahannya yak bro.terimakasih.

    ReplyDelete
  13. @najib: tergantung mas, butuh berapa channel input... coba liat2 harganya di http://deltamusik.com/ atau http://tiganegeri.com/ sebagai referensi... kalau tanya yang bagus seperti apa, saya gk bisa jawab... soalnya kan belum nyobain semua soundcard :). pokoknya lihat besar kecil bit dan khz nya, dan juga input channelnya...

    setelah udah fix, pergi ketoko, terus minta cobain sama minta pendapat dengan modal / duit yang mas punya, si toko me-referensikan soundcard apa :)

    untuk fx nya, monggo di test mas, saya rasa sih bisa :)

    ReplyDelete
  14. nah kyknya milih behringer UCA202 deh yg cukup murmer.hehe. menurut mas bro gmn?
    anyway terimakasih buat ilmunya, sangat membantu sekali =)

    ReplyDelete
  15. @najip sebelum membeli, coba ditanya, bisa pake driver ASIO ndak soundcard itu...

    ReplyDelete
  16. mas maksudnya bs pk driver asio itu ap ........
    masalah mic ......
    budjet minim gmn .....

    ReplyDelete
  17. coba baca-baca http://www.distorsi.net/2010/04/asio4all-membantu-mengatasi-masalah.html

    ReplyDelete
  18. wah wah wah sob tanks bgt iya info nya B-)

    ReplyDelete
  19. mudah-mudahan berguna artikel tutorial alat yang dibutuhkan untuk studio rekaman ini :)

    ReplyDelete
  20. bos kalo gw si milih soundcard pci creative sound blaster,krn utk smntara wkt gak ng-track audio dr luar,ya maen gambar2an aj di reason (kpentok bujet jg sih :D)
    tp kl pake sc PCI gitu,output ke speaker monitornya gmn ya? krn kan lobangnya yg 3,5mm tuh,,bukan yg 1/4
    mohon pncerahannya tentang kabel speaker monitor dan rekomendasi merk speaker yg lumayanlah utk blajar mixing n mastering
    thx

    ReplyDelete
  21. @Ben
    memang pake speaker apa mas? apa speaker nya pake head jack 1/4 gitu?

    saya juga pernah mas pake sound blaster, hampir setengah tahun saya make nya malah...

    speaker nya dulu pake tape radio sony (minjem speaker nya doang)

    tapi ya itu, sama2 pake head jack 3,5mm juga kok... tapi seandainya speaker mas colokannya jack seperti head jack guitar, mau ndak mau harus di akali mas.... solder2 dikit doang kok :p

    untuk speaker, coba tanya2 ke toko musik kesayangan mas :p

    kalau saya sih lagi nabung untuk beli ESI near 04
    harganya sekitar 2jutaan, kata orang2 sih lumayan untuk harga segitu

    ReplyDelete
  22. souncard apa ya yang uda ada fx nya langsung untuk recording. Jadi misal main gitar dengan fx compressornya & reverb, juga nyanyi yg uda ada delay & compressornya bisa langsung kdengaran. Kren nih

    ReplyDelete
  23. @Anonymous untuk FX kan bisa pake VST mas,
    misal nya saya sedang merekam gitar, yang sebenar nya saya rekam itu clean, lalu di DAW saya insert amplitube metal, gitar yang semula nya clean akan langsung berubah menjadi distorsi :)

    jadi intinya soundcard bisa memakai apa saja, nanti FX-FX yang mas maksud bisa di tambahin di software DAW nya...

    coba mas baca2 postingan saya yang lain yang judul nya Tutorial: software-software yang dibutuhkan/ digunakan untuk membuat studio rekaman di http://www.distorsi.net/2010/03/software-software-yang-dibutuhkan-untuk.html

    ReplyDelete
  24. bonard alfin said...

    @Anonymous untuk FX kan bisa pake VST mas,
    misal nya saya sedang merekam gitar, yang sebenar nya saya rekam itu clean, lalu di DAW saya insert amplitube metal, gitar yang semula nya clean akan langsung berubah menjadi distorsi :)
    ===
    Lalu pake soundcard apa mas supaya yg terekam itu tidak clean, tapi sama dengan dengan sewaktu saya rekam (sudah terdistorsi)
    :)

    ReplyDelete
  25. jadi saya mau bisa buat LIVE performance sudah cukup pake soundcard tadi mas. Thx

    ReplyDelete
  26. @Anonymous VST yang di insert pada masing2 track itu bisa dimainin live kok mas,

    jadi sebelum merekam, mas insert aja VST di track mas..

    contoh: mau main guitar distorsi live, pasang Amplitube metal di track, lalu monitor track nya di on/di nyalain. output soundcard di routing ke mixer/langsung ke sound tembaknya yang ada dipanggung.... tinggal main deh

    kalau langsung dari soundcard, saya rasa ndak ada mas...

    ReplyDelete
  27. @anonymous: oh iya mas... coba didowbload dulu aja.. cubase dan amplitube metal...

    atau amplitube metal nya saja... di software itu ada yang stand alone nya juga kok...

    nanti pasti ngerti apa yang saya jelaskan :)

    ReplyDelete
  28. wah kren mas ya. Spertinya misal langsung di soundcard akan mempringan Cpu kita mas, atau memang tidak terlalu memberatkan misal hanya sebatas 2 channel yg tiap channelnya kita pasang 5 fx (dng minimum specs PC skarang ini). Btw, artikelnya kren2 mas. :)
    \m/

    ReplyDelete
  29. mas apa bedanya direck sama premp..?
    kemarin saya naya ke temen katanya dia rekaman..
    dari gitar di sambungin ke direck trus ke sondcard.
    apakah pungsi direck sama dengan premp.

    ReplyDelete
  30. @Anonymous: seperti yang saya jelaskan pada artikel diatas mas, preamp itu untuk menambah gain, juga sebagai coloring.

    Di preamp biasanya juga ada phantom power, yang gunanya sebagai power untuk mic condensor.

    Dibeberapa sound card ada juga yang build in preamp, tapi tentunya para professional Sound Engineering lebih memilih preamp terpisah dibandingkan dengan preamp yang ada di soundcard, yaitu tadi, karena alasan coloring nya

    Apa tidak bisa langsung direct ke soundcard? Mengapa tidak? Tapi kualitas bisa ditanggung sendiri :D

    Direct langsung ke soundcard selain gain source audio nya kecil, juga lebih beresiko noise... Telebih lagi lebih tipis nya audio yang terekam...

    Lalu seberapa perlu sih preamp itu? Menurut saya alat ini merupakan alat pokok untuk merekam audio...

    Seandainya terkendala dengan dana, mas bisa pinjam FX stombox punya teman yang di bypass efek nya...
    Nanti atur gain besar kecilnya di kenop volume yang ada di fx stombox tersebut

    Kalau tetap tidak ada? Dan hanya menggunakan soundcard onboard? Coba menggunakan mic in untuk merekam, bukan line in nya... :)

    CMIIW :p

    ReplyDelete
  31. mas trimakasih banyak atas pencerahannya..
    saya jadi lebih mengerti tentang dunia recording..
    maju terus mas alfin..?

    ReplyDelete
  32. @ifan: sama-sama mas :)
    semoga berguna

    ReplyDelete
  33. salam kenal mas,saya mau numpang nanya;saya punya laptop dgn spek:Ram:496MB harddisk:C/20,D/17 processor:1.7Ghz bisakah untuk dipakai home recording kecil2an yg penting bisa buat bikin demo aja..?? jika hrs ada yg diupgrade bagian mana saja dan berapa min spek-nya,,jika saya hanya tambahkan soundcard apakah sdh ckup..?? oia sementara saya sudah punya gitar electric+amplinya yg 20W serta efek zoomg2.1u n CD driver steinberg cubase bawaan...!!mohon beri petunjuk yg jelas dan langkah2nya.. thanks be4

    ReplyDelete
  34. mas tlng dijawab di FB sy aja yah, sy dah posting dsna jg...
    Fb sya :ferrygilbert@rocketmail.com
    thanks be4

    ReplyDelete
  35. @ferry: saya saranin sih pake desktop PC saja dari pada pake laptop...
    walau laptop spek nya diatas desktop PC, tapi unuk kinerja masih bagusan desktop PC loh...

    apalagi laptop mas spesifikasi nya seperti yang dijelaskan di atas, tapi kalau tetep mau pake laptop:

    Processor
    itu processor nya type nya apa yah? pentium 4? dual core? core 2 duo?

    kalau pentium 4, monggo di upgrade ke processor yang core nya lebih dari satu seperti dual core / core 2 duo

    kalau seandai nya dual core, monggo di upgrade kecepatan processor nya

    RAM
    SDRAM? DDR1? wah, saya tidak bisa jamin mas bisa dapetin yang ber memory 1GB

    DDR2 dan diatas nya sangat di rekomendasikan sekali untuk membuat komputer rekaman

    minimal 1gb lah untuk RAM

    Hard Disk
    ATA? SATA? (ada tidak sih koneksi ATA dan SATA di laptop?)

    kalupun ada koneksi seperti yang saya sebutkan diatas, silahkan untuk mengambil harddisk yang mempunyai koneksi SATA

    dan perhatikan juga kecepatan membaca dan menulis nya, coba cari harddisk dengan kecepatan 7.200rpm

    Lalu kalau seandainya tidak di upgrade bagaimana? kuatkah?
    kenapa tidak langsung dicoba saja? download software-software yang ingin mas pakai, lalu take beberapa track dan juga coba gambar / buat beberapa bar drum menggunakan VSTi seperti EZ Drummer, Addictive Drum atau yang lainnya

    Spesifikasi minimal komputer untuk recording itu seperti apa sih?
    Tergantung kebutuhan :)

    mengapa saya bilang seperti itu?
    seandainya mas hanya merekam satu track dan dalam track tersebut hanya diisi dengan satu VST/Effect, pasti nya dengan spek komputer low-end pun mas sudah bisa melakukannya

    Tapi untuk merekam satu buah lagu yang biasanya lebih dari 8 track audio dan 2 track MIDI?
    pastinya mas butuh spek komputer yang lebih tinggi di bandingkan dengan merekam 1 track saja bukan?

    Dan seterusnya... :)

    coba mas baca-baca artikel saya yang berjudul Komputer untuk home recording audio di http://www.distorsi.net/2010/05/komputer-untuk-home-recording-audio.html

    ReplyDelete
  36. wah thanks berat mas bonard,jawabanya panjang and penuh apresiasi...jarang2 ada orang yang mau membagikan ilmunya kepada orang yg belum dikenal...sukses terusss yaa mas, thanks atas jawabannya !!!
    maju terus musik indonesia...!!!
    oia mas untuk meng apresiasi balik boleh juga tuh software2 yang kira2 saya butuh mas tawarkan,..harganya juga masih cocok sepertinya...!!! hehehee...!! truzz klo ada yang cocok harus contact kemana mas...??

    ReplyDelete
  37. @Anonymous: hihi... sama-sama mas :D
    senang bisa berbagi :p

    langsung sms saya aja mas, di 0856 83 88 405
    atau YM di : bonardalfin@yahoo.co.id :)

    ReplyDelete
  38. salam kenal mas..
    saya mau tanya
    cara untuk mengurangi noise pada saat ngerekam gitar gimana...? apakah faktor souncard atau gitar yang kurang berkualitas..
    saya souncarnya pake onbord.
    nah trus saya pas ngerkem di nuendo metronomnya ikutan kerekam...?
    caranya itu gi mana ya..
    maaf nih nanya nanya mulu..

    ReplyDelete
  39. hallo om distorsi.net..!!!!
    saya baru selesai download cubase 5,, tapi saya ngga tau cara makenya.. bisa ajarin saya om..?? atau punya video tutorial bahasa indonya ngga..??
    saya betul-betul pusing,, ngga tau mau di apain nih...
    saya cuma punya 1 gitar elektrik aja... rencana mau bikin instrument sendiri.. gimana caranya tuh om...??
    apakah ada yang saya perlu download lagi...???
    tolong ya om....???

    ReplyDelete
  40. cuma mau berbagi ilmu pengetahuan monggo liat di http://www.musisi.com/showthread.php?t=45144

    disitu banyak tutorial videonya loh mas punten euy...

    ReplyDelete
  41. mas boleh minta refrensi buat jack auido yang low noise ga!....

    ReplyDelete
  42. mas, websitenya keren !! sangat membangun !!

    tx ya. keep up the good work !

    bagi teman-teman yang ingin belajar tentang dunia live sound system bisa buka www.operator-sound.com.

    jangan lupa bagikan ilmu teman-teman juga ya disana. mari kita buat dunia musik Indonesia maju !!!

    ReplyDelete
  43. mas.. mau tanya mslh komputer.
    teman saya bilang katanya klo mau pake 2 hard disk, yang 1 buat software trus yang satu lagi buat save data. katanya itu memperingan beban hard disk dan procesor apabila sedang melakukan produce some music????
    betul ga???

    helloiamfatah

    ReplyDelete
  44. @Anonymous: betul mas, harddisk itgu kan mempunyai tugas untuk baca dan tulis (write & read)

    nah dengan 2 hardisk, masing2 membagi tugas seperti yang mas jelaskan diatas :)

    ReplyDelete
  45. Mas,, Punya studio rekaman dimana??
    bisa tuh kayanya kita kerjasama....

    aku vokalis dan punya lagu...

    thanks

    ReplyDelete
  46. boy,. tahu code elicenser gg,. buat aktifasi wavelab,. thanks

    ReplyDelete
  47. zakiv_sky@yahoo.co.id >>FB (cah mojokerto)February 26, 2011 at 3:34 AM

    Mas bonard...kalo misalnya pake soundcard PCi yang udah di modif...kira2 waktu record gitar atau bass apa suaranya bisa bersih ya....soalnya aq udah pernah coba pake gitar electrikku...eh suaranya pecah tuh mas.....padahal spack PC ku dah QuadCore Ram Jg udah 3 gb...tp kalo pake sound blaster keluaran line6 emang bersih tapi kan mahal mas....ad cara lain gak tuh...atau enggak tolong postingin skematik PCB dan keterangan komponennya donk mas biar skali2 bisa agak kreatif gto....terima kasih...saya tunggu commentnya bro...

    ReplyDelete
  48. zakiv_sky@yahoo.co.id >>FB (cah mojokerto)February 26, 2011 at 3:36 AM

    oh iya tolong add Facebook ku skalian ya mas....


    zakiv_sky@yahoo.co.id


    biar bisa sering2 contact gto...di tunggu...

    ReplyDelete
  49. @zakiv: hmm.. kalau menurut saya, setinggi apapun spesifikasi komputer, kalau soundcardnya onboard tetap aja mas hasilnya minim...

    jadi sebenarnya soundcard itu bagaikan nyawa untuk perekaman audio...

    oh iya, satu lagi... serem banget pembicaraannya :p
    saya ndak pernah dan ndak berani otak-atik hardware mas... apalagi soundcard...

    atau ndak mas beli aja yang agak murahan, sekitar 800 ribu sampai 1,5jutaan udah bagus-bagus banget kok... bisa milih mau PCI, atau yang external dengan koneksi USB / Fireware :)

    ReplyDelete
  50. mas klo preamp nya diganti sama amplifier bisa gak?

    ReplyDelete
  51. Bang Bonar.

    Saya mau bangun home recording. Barangkali Abang bisa konsultannya? Karena saya punya artis Batak yang sudah Populer mau coba aransemen musiknya pakai Digital Musik agar lain dari album-albumnya yang sudah ada

    ReplyDelete
  52. @Anonymous
    ampli atau head amlpli (cabinet) mas?
    saya belum pernah coba mas, monggo langsung dicoba aja, nanti kalau ada masalah atau ndak sesuai dengan yang mas inginkan, kita bisa diskusikan bersama anggota forum distorsi di http://distorsi.us



    @sastromi
    bisa mas, free! :)
    mas tinggal daftar di forum distorsi http://distorsi.us, nanti bisa kita bahas bareng-bareng bersama anggota member yang jauh lebih jago dari pada saya ;)

    ReplyDelete
  53. mas kalo spek komputer p4 3.0 ghz , ram 1gb , vga 512 , hdd 80gb , trus soundblaster pci yang standar , itu cukup ngga kalo buat rekaman metalan ? tanpa alat2 tambahan kecuali softwarenya ? makasih sebelumnya , regards :)

    ReplyDelete
  54. salam kenal mas terimakasih postinggannya keren,mas saya ada masalah dengan signal midi saya dri key(psr-3000) ke laptop sy kok tidak muncul,padahal sudah di seting?mohon bantuannya.sistem sya: midi interface emu-0404,windows 7 64 bit,4 gb ram

    ReplyDelete
  55. salam kenal mas terimakasih postinggannya keren,mas saya ada masalah dengan signal midi saya dri key(psr-3000) ke laptop sy kok tidak muncul di sonar x1,padahal sudah di seting?mohon bantuannya.sistem sya: midi interface emu-0404,windows 7 64 bit,4 gb ram

    ReplyDelete
  56. mas pre-amp nya di ganti preamp bass " hartke bass attack " bisa ya ?

    ReplyDelete
  57. atau ndak mas beli aja yang agak murahan, sekitar 800 ribu sampai 1,5jutaan udah bagus-bagus banget kok... bisa milih mau PCI, atau yang external dengan koneksi USB / Fireware :)

    mas soundcard yg harganya 1 jutaan yg bagus tu apa?? sama sound blaster mending mana?? makasih

    ReplyDelete
  58. mas nompang tnya ni , misalny klo utk drum soundcardny butuh brp chanel y .
    kata kwn ane ni 8 chanel tu kurang utk drumny ??
    klo mislny 4 input n 4 output gmn gan ??

    ReplyDelete
  59. trz ada gak mas jual soundcard firewire 8 chanel 2 jtaan mas , yg second pun jd .

    :)

    ReplyDelete
  60. Mas...agan...para master...tolong dibantu, kalau ada yang pernah pake audio interface di linux / ubuntu. Merek apa dan giman hasilnya. Pengen beli m-audio ato tascam tapi OS ane 1000% linux. Thanks ...toloooooooong ya. Ato tolong dong yg punya audio interface tes pake ubuntu dong ya. inga2 ane butuh yg USB2.0

    ReplyDelete
  61. mas saya mau tanya, saya pakai mic behringer c 1 dengan preamp behringer 100, soundcardnya juga behringer yang U-control, saya pake software nuendo 3..

    yg saya mau tanya
    1)) kenapa monitor vocal lebih lambat, setau saya harusnya ketika take vocal seharusnya monitor vocal bisa terdengar langsung melalui headphone, tp ini telat.
    2)) kenapa suara beat/instrument masuk ke track channel walaupun mic saya matikan dan saya record tanpa mengaktifkan mic,

    dan yang terakhir bagaimana cara mengurangi noise?

    trimakasih sekali mas kalau pertanyaan saya di jawab, maaf ngerepotin :D

    ReplyDelete
  62. trima ksih gan..
    Nice inpo ;D

    ReplyDelete
  63. Salam kenal, saya tertarik dengan topik ini ..... sy senang take vocal dengan menggunakan musik playback... saat ini sy gunakan mic M-AUDIO fast track (usb) ada software protools bawaannya tapi tidak sy gunakan karena sudah terbiasa dgn yang simple yaitu 'magix music studio' atau samplitude..... semua berjalan lancar kecuali satu waktu taking vocal khususnya pria.... suaraya mendem (suara kedalam) jadi mesti diakalin degan menaikan equalisernya....
    Pertanyaannya apa yang menyebabkan suara mendem tersebut? mic nya kurang bagus atau softwarenya? dan bagaimana mengatasinya agar mendapat suara yang natural?
    Terimakasih atas saran dr teman-teman semua......

    ReplyDelete
  64. @wan : walau saya pecinta linux, tapi untuk komputer rekaman saya angkat tangan seandainya mas pakai linux... software dan informasi yang tersedia untuk rekaman di linux sangat sedikit mas...

    mungkin mas bisa pakai emulator windows (mungkin loh yah)... belum pernah coba :D

    @nubie: 1. driver apa yang mas pakai? apakah saat mas beli behringer U-control sudah support asio? atau masih pakai asio4all? sudah coba mengecilkan buffer rate nya?

    2. agak kurang ngerti sama pertanyaannya :p

    3. noise bisa disebabkan oleh banyak hal.. mulai dari suara fan, pemakaian lampu neon, pemakaian monitor tabung / crt, kabel, soundcard, cpu yang belum di grounding dan lain2.. jadi mungkin bisa dicari dahulu penyebabnya,,,

    @Anonymous boleh tau mic nya pakai apa mas?

    ReplyDelete
  65. slam knal ka....
    gw mau nanya untuk membuat sebuah home recording sederhana alat" yg d'perlukan ap aja n tolong ksaih rincian harga'a donk ka....
    tolong d'bantu yah ka
    makasih sebelum nya :)

    ReplyDelete
  66. gan,lok sound card on board tu bawaan komputer ya?tys input yang mana?

    ReplyDelete
  67. sound card ya bagus yg mana gan?dan kisaran hargany brp?

    ReplyDelete
  68. @talenta : bagus enggaknya itu sesuai kebutuhan dan selera mas... untuk harga, kisaran 1,75 sampe 2,5 udah bagus banget... kalo butuh alat rekamannya, bisa hubungi saya di 0856 9595 1288 (SMS ONLY)

    ReplyDelete
  69. @viep MM : itu di artikel udah panjang banget log dibahas.. monggo dibaca-baca dahulu :D

    ReplyDelete
  70. mas, saya dah tes pake ASIO4ALL v2... bunyi drumnya g' terlambat lagi, sudah pas.. tapi yg jadi pertanyaan saya, kan saya coba2 tes coval nih (tag di nuendo) saya dah pake di settingan device setupnya tuh ASIO4ALL v2, tapi kenapa ya g' terekam suaranya ??? pas saya ganti settingannya di device setup dengan asio multimedia driver, baru mau terekam ?? apa saya yg salah setting ato gimana mas ??? mohon bantuannya.. makasih sebelumnya.

    (saya pake soundcard bawaan desktop)

    saya juga mau nanya, kalo buat home recording yang mantap, apa2 saja yg di butuhkan ? misalkan, soundcard apa yg bagus tuh mas ?? sound monitornya ?? trus mic yang bagus juga....

    ReplyDelete
  71. bng Alfin mau nanya:
    sy dah punya MIDI Controller yg ada bawaan sound cardnya, trus sy butuh apa lagi ya biar recordnya makin bersih?
    apa sy butuh preamp lagi?

    thx distorsi.net

    ReplyDelete
  72. Mas, bisa kasih tau rincian harga masing2 perlengkapan gak mas? Biar ada gambaran modal...
    Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  73. @numpangkomen : rincian? sebetulnya sesuai kebutuhan sih mas...

    tapi mumpung saya sekarang lagi bikin plan buat studio home recording lagi, jadi saya tulis yang udah saya rencanain aja yah...

    Komputer : Kalo ngomongin komputer, gk bakalan ada habisnya, jadi mungkin saya merakit sebuah komputer dengan spesifikasi "pas-pasan" aja yah, yang sesuai dengan budget pengangguran seperti saya heehe *curhat

    Processor : core to duo
    Ram : 2gb
    HDD : 1TB

    Mungkin CPU dengan spesifikasi diatas itu sekarang kena antara 2juta sampai 3juta (tergantung mobo, merek, dan spesifikasi unggulan masing-masing seri dan merek)

    Soundcard : Saya rencana sih mau beli yang soundcard external aja, dan yang pastinya harganya murah dan fitur yang lumayan...

    Soundcard saya pilih Lexicon Omega - Harganya itu kalo gk salah 1,9an

    Check : http://bonardalfin.distorsi.net/2011/07/ngidam-soundcard-lexicon-omega.html


    Speaker Monitor : Hmm.. jujur untuk yang ini saya bingung... dana terbatas, tapi maunya FLAT.. hampir mustahil sih hehe...

    tapi sih saya rencananya mau beli Kurzweil KS-40A - harganya gk tau.. antara 1jt sampe 1,5jutaan mungkin :p

    Chkeck : http://bonardalfin.distorsi.net/2011/07/dan-speaker-monitorinya-jatuh-kepada.html

    Preamp : Untuk preamp, karena di soundcard Lexicon Omega udah build in preamp... jadi yang ini saya skip dahulu :D

    Microphone : untuk yang ini, saya mau beli yang paling murah tapi gk murahan.. samson c03 - harganya 700an sampe 850an

    Udah itu aja. untuk gitar, bass, cable bisa pinjem temen hehe... yang lainnya bisa diatur sesuai kebutuhan...

    tapi itu bagi yang udah siap buat serius rekaman (walau masih bisa dibilang masih tahap begineer sih hehe)..

    kalo mau coba2 dulu / belajar dulu.. bisa kok cari alternatif yang lain :D

    ReplyDelete
  74. nanya dong, temenku pengen bgt bikin video di youtube gitu. trs katanya dia ngeliat banyak org bule gitu nyanyi cuma bermodalkan mic vokal yg keliatannya biasa aja, trs kamera HD. btw apa itu bisa kalo cuma pake mic nya aja? haha hehe *susah ngertinya pasti* -___-

    ReplyDelete
  75. Gan nanya donk gw prnah liat di acara m*tro tv gitu ngebahas home studio,tp dy Nge-take smua alat" drum,gtar,bass nya cuma pake keyboard doank kcuali take vokal, itu gmana? dibahasa donk gan di blog slajutnya ,

    trim's

    ReplyDelete
  76. bos, kalo misalnya punya keyboard roland juno Gi apakah perlu pream? krn aku cuma ingin rekam dari keyboard ke komputer aja, suara drum ma guitar dari keyboard semua....mohon sarannya...

    ReplyDelete
  77. salam kenal.. saya rekam audio pake handy cam ,, semuanya ada 8 track,cello,bass,cuk,cak,gitar,flute,vokal,symbal terus saya konversi jadi mp3 , nah dari mp3 langsung saya masukin ke saya punya software di komputer namanya mixcraft 5, hasilnya kurang bagus ,ada saran lain ga mas ?

    ReplyDelete
  78. Kira2 Bila harga kesemuanya berapa ya Mas Bro...??

    ReplyDelete
  79. misi om, Lam knl ni om...btw maren ane download amplitube metal...nah
    d belah kiri atas kan da fitur OPEN AUDIO yak...
    nah press play kan mulai dah tuh yak...
    tp knp kaga kluar suara'a ya om...kira'' ane salah pa ya om ampe doi ga mo d'aktifin ma ane...

    banyak dosa mngkin ane ya om...TObat,tobat heheh

    tpi srius loh om bnran ni mah...
    oya atu maning om bro,pa smua amplitube tu kudu d'dukung ma STEALTH plug in gt ya om..
    ane baca mahal jg tuh kata'a buat STEALTH'a ja
    kira" bisa pake cra laen ga ye om bro...mature nuhun om bro ...JONNY SQUAD FREEDOM

    ReplyDelete
  80. wahh pertama kali bikin recordingan juga make laptop, emang ga perlu ribet2 sih, yng penting converter heheheh

    ReplyDelete
  81. mas bro, klo bt recording pake laptop gimana ?

    ReplyDelete
  82. Mas, tanya dong. kalau misalnya aku sudah punya hasil recording nya, dalam bentuk kaset pita yang suaranya analog itu, terus aku mau ubah dalam bentuk digital.
    Sarannya pake aplikasi recording apa? Ane skrg pake audacity, paling gampang :$ terus juga butuh hardware apa aja? aku skrg sudah pny soundcard USB behringer UCA222

    thanks buat infonya, manfaat banget

    ReplyDelete
  83. HALOO MINTA REFRENSI DONG, SAYA ORANG BARU YG MAU MENCOBA UNTUK BUAT HOME RECORDING KALAU STANDARISASI APAAN MAS KALAU BUAT RECORDING KALAU BISA MAS NGASI REFRENSI YG HARGA NORMAL TAPI YG EFECKTIV MAS!!! OWH IYA TERUS KALAU BUAT LOOP DARI KYBOARD? SOFTWARENYA FL APA G NGEFECK MAS DARI SUARA SOFTWARE DAN KYBOARD?
    1LAGI BAGUS PAKE YG MANA SOUNDCAR PC ATAU USB?

    MAKASIHH
    @FeriyalA

    ReplyDelete
    Replies
    1. butuh :
      Audio Interface
      Microphone
      Headphone
      Speaker Monitor

      coba baca2 tulisan saya terbaru tentang alat-alat rekaman di http://www.distorsi.net/2012/11/alat-alat-yang-dibutuhkan-untuk-membuat.html

      dan untuk lihat harga-harga nya bisa di lihat di www.TokoDistorsi.com

      Delete
  84. mass kapan ngasih tau tentang software nya?

    ReplyDelete
  85. saya suka yang kayak gini,, saya pernah pake magix music maker, cubase, fruty loop, reaper,, dan yang sekarang saya pake Samplitude pro x suite,,
    pake laptop, soundcard behringer, mantabs,, terus berkarya
    teman

    ReplyDelete
  86. Mungkin saya bisa kasih sedikit pengalaman software, sebenernya saya masih pemula, saya pake cool edit pro 2, mungkin sekarang udah diambil adobe audition, tapi secara sistem cukup mudah untuk yang baru mau belajar recording via komputer. Saya pernah coba protool, nuendo, cubase, garageband, tapi karena sudah jatuh hati jadi hingga kini saya selalu pakai cool edit pro.
    kalo ada yang mau tanya tentang cool edit pro mmungkin saya bisa membantu :)
    salam damai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... cool edit belom bisa pakai plugins yah? cobain yang lain aja mas ;)

      Delete
  87. Buat yang ragu spec komputer, sebenernya spec komp itu disesuaikan saja sama versi softwarenya, misal punya pentium 1 atau 2 pake aja software yang keluaran taun 2000an, jadi jangan takut buat mulai ngerekam soalnya sayang ide kita kehambat sama fasilitas, intinya suara masuk lewat input - rec - playback.
    Tapi kalo memang punya budget lebih sebaiknya mulai bertahap melengkapi fasilitas seperti yang dijelaskan pada artikel diatas.
    Kalo mulai dari yang kecil dan sederhana itu ada baiknya juga ko dan menyenangkan :)
    salam damai

    ReplyDelete
  88. Maaf Master kalo jack guitar untuk recording Panjangnya 5 meter bermasalah ga..

    ReplyDelete
  89. Jadi yg harus aku beli apa aja? :D
    yg menurut kamu paling bagus dn hasilnya bakal bagus jg :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Audio Interface
      Microphone
      Headphone
      Speaker Monitor

      coba baca2 tulisan saya terbaru tentang alat-alat rekaman di http://www.distorsi.net/2012/11/alat-alat-yang-dibutuhkan-untuk-membuat.html

      Delete
  90. Makasih Mas, Sy masih newbie, cara menyambungkan behringer (controller midi) ke laptop bagai mana ya? thanks

    ReplyDelete
  91. Makasih Mas, Sy masih newbie, cara menyambungkan behringer (controller midi) ke laptop bagai mana ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, kalo pakai USB ya tinggal colok ke usb, lalu setting di software DAW / Sequencer / software lainnya

      kalo pakai MIDI to MIDI butuh audio interface / soundcard yang ada midi in / out nya :)

      Delete
  92. mohon maaf numpang iklan... siapa tau ada yang berkenan mau membuat studio rekaman profesional..

    http://www.kaskus.co.id/thread/50f5a6bc2c75b4e60f00000d/alat-studio-recording-fullset

    ReplyDelete
  93. saya udah ada alat,,, v gx ngerti nyambungin line" nya...

    ReplyDelete
  94. aku respect betul gan kamu ya bro...banyak ilmunya dikongsi di situs ...patut lagu nya emang enak bangat..

    ReplyDelete
  95. bang kalo pake laptop bisa ga bang ?mohon balas

    ReplyDelete
  96. Masbro Spesipikasi kompi ane udh ngedukung tapi kepingin bikin lagu dangdut masih bingung buat kendangnya.. kalo boleh tau VST kendang yang bagus apa ya..?? untuk suara kendang original..
    please... kasih tau..

    ReplyDelete
  97. makasih ya gan untuk gan untuk infonya,,
    sangat menarik sekali...

    ReplyDelete
  98. mas, mau nanya, kalo pake sound card line 6 ux2 bagus ga mas?

    ReplyDelete
  99. kalo pake iMac kira-kira gimana soundcardnya? software yang compatible apa mas? Tks

    ReplyDelete
  100. Dear Bonard Alfin

    Saya tertarik sekali dengan segala hal yang menarik yang saya temukan di halaman ini. Ini adalah Skill yang saya butuhkan sejak lama. Cuman, saya gag tahu harus belajar dmana. Jadinya, saya banyak mengambil Postingan yang ada di halaman ini buat referensi saya belajar. I'm Sorry for that :)

    Bdw... Dulu, saya pernah menggunakan Adobe Audition 1.5 ketika kerja di Radio sebagai penanggung jawab produksi Iklan. Tapi ngga pernah berkembang ilmu saya. Sekarang, saya sedang mengumpulkan uang untuk membuat AUDIO HOME PRODUCTION setelah Resign dari tempat saya bekerja.

    Saya sudah memiliki Computer dengan Spec sbb:

    Cooler Master HAFX
    Corsair 1050W CMPSU-1050HXEU
    Sony DVDRW Sata 24x Box
    XFX HD 6870 1Gb 256Bit DDR5 (2 Keping)
    WDC SATA III Cavier Black 1TB 64Mb
    Corsair CMP4GX3M2A1600CB (2x2Gb) (i5/i7,1156)
    ASRock 990FX Extreme 4
    AMD X6 1075T (Box) Phenom II

    Saya ingin belajar membuat Musik sendiri. Mohon tuliskan Spec Equipment untuk AUDIO HOME PRODUCTION yang Match dengan Spec Computer saya, dari Soundcard hingga siap digunakan, dengan Budget Max. 20jt (tidak termasuk Ruangan dan Alat Musik).

    Terima Kasih :)

    ReplyDelete
  101. mantaf infoh nya bro...
    ada article tentang cara nge wide suara gitar, biar stereo dan bener bener di ujung telinga gitu kedengerannya bro.
    semoga ente faham maksud anne.
    thanks

    ReplyDelete
  102. Selamat siang...
    mo nanya nih mas...
    Kita udah punya alat Scarlett 18i8,
    trus software Nuendo
    dan micnya mic condenser B2Pro Behringer...
    yang jadi masalah koq...hasil rekaman Audionya mono ya? kenapa gak stereo? Ada yang salah kah dengan Mic B2Pro? atau memang harus pake mic yang dari scarlet? apa memang seperti itu kalo bukan pake software Ableton? trus solusinya apa?

    maaf banyak nanya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. rata memang merekam itu di track mono mas... nanti di buat stereo dengan panning.. contoh : rekam 2 track guitar mono, 1 panning ke kanan dan 1 kekiri.. begitu pula track lainnya jika perlu di panning, tapi misal kalo bass & vocal biasanya itu di center atau di tengah, gk perlu di panning

      Delete
  103. selamat siang...

    saya mau nanya seputar cool edit pro. jadi ceritanya saya rekamanan suara menggunakan instrument dari lagu. pas mulai klik record, musik kan jalan tuh... trus saya nyanyi ikutin iramanya... nah,, yang jadi maslah adalah, setelah di play, kenapa hasil suaranya telat dengan instrumen nya ya mas ??? padahal saya nyanyi udah berdasarkan iramanya, gak telat sama sekali...

    bagaimana cara mengatasi vokal output biar gak telat ???
    terimakasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
  104. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  105. mas gimana struktur pemasangn alat2 rersebut,,, mik, soundcar, ultragain, komputer?
    kendala saya stip rekaman gk mau keras suaranya soalnya tidak makai ultragain,,,, saya mau beli ultragain , gmna struktur pemanasangannya mas,
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  106. terimakasih banyak ilmunya gan,ternyata untuk menjadi dj butuh mdal yang besar juga ya, salam kenal http://www.volimaniak.com

    ReplyDelete
  107. saya akan berusaha membeli alat nya dulu nih, pelan2 sambil nabung, sktp 2015

    ReplyDelete
  108. Gan kalo untuk ngerekam narasi doang yg dubutuhin apa z gan dg kualitas yg jernih... ?? Tujuan ane kaya buat bikin audio book, tutorial apa gtu, ato kya buat bikin audio belajar bahasa inggris, atau audio motivasi kaya gtu ??

    email ke ane gan thanks
    nashers.manziel@gmail.com

    ReplyDelete
  109. Pelanggan nilai Hello terhormat,

    APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN KREDIT JIKA YA GET BACK TO US SEKARANG, EMAIL AS di (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membiayai bisnis Anda atau di tujuan apapun? kami bersertifikat dan pemberi pinjaman kredit berlisensi sah dan internasional Kami menawarkan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan bisnis, perusahaan dan individu pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2%, Mungkin pinjaman jangka pendek atau panjang atau bahkan jika Anda memiliki kredit yang buruk, Kami akan memproses Anda pinjaman segera setelah kami menerima aplikasi Anda.

    kami adalah lembaga keuangan independen. Kami telah membangun reputasi yang sangat baik selama bertahun-tahun dalam menyediakan berbagai jenis pinjaman kepada ribuan pelanggan kami. Kami Tawarkan jasa pinjaman terjamin dari setiap jumlah warga dan non-warga negara kami menawarkan pinjaman pribadi mudah, pinjaman / bisnis komersial, kredit mobil, leasing / peralatan keuangan, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman rumah, untuk semua warga negara dan bukan warga negara dengan baik sejarah kredit yang baik atau buruk. Jika Anda tertarik dalam penawaran pinjaman tersebut di atas kami Anda saran untuk mengisi informasi di bawah ini dan kembali ke kami untuk lebih jelasnya, Anda dapat menghubungi kami dengan email ini: (bishopelijahloanfirm002@hotmail.com) Kami akan merespon anda segera setelah kami menerima rincian aplikasi pinjaman Anda.

    Tujuan kami adalah untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan kami dan memberi mereka layanan aman PAKET KAMI TERMASUK: * pinjaman rumah * kredit mobil * hipotek pinjaman * pinjaman bisnis * pinjaman internasional * * pinjaman pribadi dan banyak lagi.


    PEMINJAM INFORMASI, jika Anda tertarik mengisi peminjam "s informasi di bawah ini sehingga akan dapat melanjutkan.

    INFORMASI PRIBADI

    Nama lengkap:
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    Durasi:
    Jenis kelamin:
    Agama:
    Provinsi / Negara:
    Kota:
    Negara:
    Umur:
    Kontak Alamat :
    Pekerjaan:
    Gaji perbulan :
    Nomor ponsel :
    Email:
    Tujuan Dari Pinjaman:
    Apakah Anda menerapkan sebelum {ya atau tidak}

    Kembali ke saya sekarang

    Salam
    Uskup Elia

    ReplyDelete
  110. Apakah Anda dalam setiap kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kami memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan. Terapkan sekarang Via Email: elenanino07@gmail.com

    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Elena

    ReplyDelete
  111. Halo,
    Saya Rev.Dr Daniel Arjan, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (rev.dr.danielarjan@gmail.com)

    ReplyDelete
  112. Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau modal kami menawarkan pinjaman kepada individu dan perusahaan pada tingkat bunga rendah dan terjangkau. Hubungi kami hari ini di (carrenbenfirm@outlook.com atau carrenbenfirm@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini.

    ReplyDelete
  113. halo

    Terapkan untuk cepat pinjaman dan cara mudah untuk membayar tagihan dan dimulainya kembali pembiayaan proyek Anda dalam tingkat bunga termurah dari 3% untuk menghubungi kami hari ini melalui: trustfunds224@gmail.com. Pinjaman membutuhkan tawaran pinjaman minimum kami 1,000.00 pilihan meminjam uang, saya pendaftaran dan pemberi pinjaman bersertifikat Legit, Anda dapat menghubungi kami hari ini jika Anda tertarik. Untuk mendapatkan pinjaman ini, hubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang proses pinjaman sebagai syarat dan kondisi dari pinjaman dan jumlah pinjaman akan ditransfer ke Anda. Aku membutuhkan respon mendesak Anda jika Anda tertarik.

    ReplyDelete
  114. AKHIR TAHUN PINJAMAN PENAWARAN !!! AKHIR TAHUN PINJAMAN PENAWARAN !!!
    Jika setiap orang adalah berita baik untuk memulai 2016 dengan rencana sukses, SUNSHINE PERUSAHAAN KREDIT, kredit yang sesuai diberikan kepada pelanggan tanpa agunan untuk bulan-bulan yang tersisa dari tahun 2015.

    Apakah Anda berpikir memulai bisnis Anda sendiri, kami memiliki pinjaman pribadi, pinjaman usaha dan pinjaman bisnis dan segala macam 2% penawaran suku bunga kredit, karena utang, ia memiliki kesempatan untuk mencapai keinginan Anda. Sekarang buru-buru dan menjadi bagian dari program ini.
    Silahkan hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut melalui email saya Sunshineloancompany@gmail.com


    Informasi Peminjam:

    Nama: _______________
    Negara: __________________
    Jenis Kelamin: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah pinjaman yang diperlukan: _______
    Panjang Pinjaman: ____________
    Tujuan kredit: _____________
    Nomor telepon: ________
    Memahami bahasa Inggris: ________

    (Sunshineloancompany@gmail.com)

    Sunshineloancompany

    ReplyDelete
  115. Halo, nama saya Nofia, pagi korban penipuan dari tangan kreditur penipuan, saya menghabiskan lebih dari 56 juta di tangan pemberi pinjaman palsu, karena saya butuh modal besar dari 350 juta, saya hampir mati, tidak ada tempat untuk pergi, saya bisnis hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. . Aku tidak tahan lagi .. semua ini terjadi November 2014 hingga Maret 2015, tidak semua sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik Nyonya Diana yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik, saya ingin untuk menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu Anda, bahwa mereka banyak scammers luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin cepat mendaftar hanya melalui ibu Diana, melalui email. dianarobertloanfirm@consultant.com dan dianarobertloanfirm@gmail.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; nofiayani@gmail.com com untuk mendapatkan informasi tahu. silahkan dia satu-satunya tempat yang handal dan terpercaya. Tidak ada pajak. membayar ..

    ReplyDelete
  116. Saya nama fatma, tinggal di Indonesia, saya adalah seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    Media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena bulan everywhere.Few lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pinjaman online. Aku tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs theresa yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar $ 100.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat angsuran pertama saya peringatan 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ms. Theresa melalui: theresaloancompany@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: feyzilfatma@gmail.com

    ReplyDelete
  117. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN.
    Saya tidak pernah berpikir saya akan hidup saya untuk bertemu seseorang seperti Ibu sunshinee. Dia adalah permata yang langka. Saya Fadia dan saya mengambil waktu saya untuk bersaksi tentang Ibu sunshine karena akhirnya dia menawarkan apa tidak ada orang lain bisa.
    Saya dan suami saya pergi ke utang besar dengan debitur dan Bank, dan kita mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kami ke lebih banyak utang dan akhirnya meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu sunshine, ia menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya takut itu akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain saya telah menemukan tapi dia tidak menyukai mereka. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa pinjaman.
    Hubungi Ibu sunshine melalui email: Sunshineloancompany@gmail.com
    atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arah lebih lanjut: fadiarazaini@gmail.com

    ReplyDelete
  118. Apakah Anda seorang pengusaha atau perempuan? Jika dalam keuangan kesulitan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau utang untuk menetap, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis bagus? Apakah Anda memiliki nilai kredit rendah dan sangat sulit bank lokal / modal mencari untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda memerlukan kredit atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kendaraan pinjaman
    * Real Estate pinjaman
    * Business Loans
    * Pinjaman lain
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami via
    e-mail: eaglesfinanceloancompany@gmail.com
    Mobile: +12408924572
    +17608969709

    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harapan Anda akan diberi kredit di negara manapun di dunia harus menjadi residensial.

    ReplyDelete
  119. Bagaimana saya mendapat pinjaman saya dengan tingkat bunga hanya 2% dari Ibu Veronica Simpson dari Ace Pinjaman Perusahaan.
    Aku butuh seratus ribu dolar untuk memulai bisnis. mencari kemana-mana dan semua saya bisa adalah scammer, sampai akhirnya saya bertemu dengan Ibu Veronica. yang memberi saya kata bahwa Ace Pinjaman Perusahaan adalah sebuah perusahaan pinjaman dijamin.
    Saya senang untuk mengatakan setelah 48 jam saya mendapat pinjaman dengan tingkat bunga hanya 2%. menggunakan posting ini untuk berterima kasih dan juga saya nasihat semua saudara-saudara saya Indonesia dan setiap tubuh yang membutuhkan pinjaman dijamin untuk bisnis Anda, mobil, rumah dll untuk menghubungi dia sekarang aceloancompany@gmail.com dan masalah keuangan Anda akan terpecahkan dan masalah akan menjadi sejarah seperti mine.You juga bisa menghubungi saya dengan e-mail saya: adityahmed1@gmail.com

    ReplyDelete
  120. PERHATIAN! PERHATIAN !! PERHATIAN !!!
    Halo, saya tina morgan CEO perusahaan pinjaman tina morgan. pemberi pinjaman pinjaman pribadi. kami menawarkan pinjaman untuk membangun bisnis Anda, jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, Anda telah ditolak oleh bank dan lain keuangan
    lembaga? mencari lagi, karena kami berada di sini untuk membuat semua keuangan Anda
    masalah sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat bunga rendah dari 2%, kesempatan waktu hidup pinjaman. kami menyediakan penerima handal dan bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan loans.contact kami melalui email: tinamorganloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  121. Aku harus bersaksi tentang perbuatan baik SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN.
    Saya tidak pernah berpikir saya akan hidup saya untuk bertemu seseorang seperti Ibu sunshinee. Dia adalah permata yang langka. Saya Fadia dan saya mengambil waktu saya untuk bersaksi tentang Ibu sunshine karena akhirnya dia menawarkan apa tidak ada orang lain bisa.
    Saya dan suami saya pergi ke utang besar dengan debitur dan Bank, dan kita mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman yang berbeda tetapi semua datang ke sia-sia. sebaliknya mereka membawa kami ke lebih banyak utang dan akhirnya meninggalkan kami bangkrut sampai saya datang di kontak dengan Ibu sunshine, ia menawarkan pinjaman meskipun pada awalnya saya takut itu akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain saya telah menemukan tapi dia tidak menyukai mereka. Sekarang kita telah akhirnya menetap utang kami dan memulai bisnis baru dengan uang yang tersisa pinjaman.
    Hubungi Ibu sunshine melalui email: Sunshineloancompany@gmail.com
    atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk arah lebih lanjut: fadiarazaini@gmail.com

    ReplyDelete
  122. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak dan Anda tidak harus pergi? atau Anda memiliki
    ditolak oleh bank Anda.
    kami menawarkan semua jenis pinjaman sebesar 2%, hubungi kami di jameshaltloanfirm@gmail.com
    dan mengisi rincian di bawah

    PINJAMAN FORMULIR.

    * Nama Of Pemohon: _____
    * Alamat: ___________
    * Kota: ___________
    * Negara: ___________
    * Jenis Kelamin: ___________
    * Status pernikahan:___________
    * Pekerjaan: ___________
    * Gaji perbulan:___________
    * Tel: ___________
    * Ponsel :: ___________
    * Tujuan Pinjaman: __________
    * Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    * Durasi Pinjaman: _________
    * Apakah Anda menerapkan sebelum: ______

    ReplyDelete
  123. Apakah Anda mencari bantuan keuangan, Apakah Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan?
    Terlihat ada jauh sebagai perusahaan Gochel Keuangan sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang diminta Anda asalkan Anda akan dapat membayar kembali pinjaman.
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 4% dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan jaminan 100%.
    Anda dapat menghubungi kami untuk setiap jenis kredit termasuk kredit mobil, pinjaman bisnis, pinjaman rumah, Startup Pinjaman, dll melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM
    Untuk rincian lebih lanjut atau untuk menerapkan email kami dengan rincian di bawah ini.

    Umur:
    Nama lengkap:
    Jumlah Dibutuhkan:
    Durasi pinjaman (waktu pengembalian):
    negara:
    kota:
    Alamat tetap:
    seks:
    Nomor telepon:
    Gaji perbulan:
    pekerjaan:
    Berikutnya Kin:
    Alamat rumah:
    Alamat kantor:
    Nomor telepon:
    Apakah kamu mengerti bahasa Inggris:
    pekerjaan:

    Setelah informasi ini menerima oleh perusahaan saya, prosedur pinjaman akan dimulai dengan cepat menghubungi kami melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM

    ReplyDelete
  124. Apakah Anda mencari bantuan keuangan, Apakah Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan?
    Terlihat ada jauh sebagai perusahaan Gochel Keuangan sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang diminta Anda asalkan Anda akan dapat membayar kembali pinjaman.
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 4% dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan jaminan 100%.
    Anda dapat menghubungi kami untuk setiap jenis kredit termasuk kredit mobil, pinjaman bisnis, pinjaman rumah, Startup Pinjaman, dll melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM
    Untuk rincian lebih lanjut atau untuk menerapkan email kami dengan rincian di bawah ini.

    Umur:
    Nama lengkap:
    Jumlah Dibutuhkan:
    Durasi pinjaman (waktu pengembalian):
    negara:
    kota:
    Alamat tetap:
    seks:
    Nomor telepon:
    Gaji perbulan:
    pekerjaan:
    Berikutnya Kin:
    Alamat rumah:
    Alamat kantor:
    Nomor telepon:
    Apakah kamu mengerti bahasa Inggris:
    pekerjaan:

    Setelah informasi ini menerima oleh perusahaan saya, prosedur pinjaman akan dimulai dengan cepat menghubungi kami melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM

    ReplyDelete
  125. Apakah Anda mencari bantuan keuangan, Apakah Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan?
    Terlihat ada jauh sebagai perusahaan Gochel Keuangan sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang diminta Anda asalkan Anda akan dapat membayar kembali pinjaman.
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 4% dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan jaminan 100%.
    Anda dapat menghubungi kami untuk setiap jenis kredit termasuk kredit mobil, pinjaman bisnis, pinjaman rumah, Startup Pinjaman, dll melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM
    Untuk rincian lebih lanjut atau untuk menerapkan email kami dengan rincian di bawah ini.

    Umur:
    Nama lengkap:
    Jumlah Dibutuhkan:
    Durasi pinjaman (waktu pengembalian):
    negara:
    kota:
    Alamat tetap:
    seks:
    Nomor telepon:
    Gaji perbulan:
    pekerjaan:
    Berikutnya Kin:
    Alamat rumah:
    Alamat kantor:
    Nomor telepon:
    Apakah kamu mengerti bahasa Inggris:
    pekerjaan:

    Setelah informasi ini menerima oleh perusahaan saya, prosedur pinjaman akan dimulai dengan cepat menghubungi kami melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM

    ReplyDelete
  126. Selamat siang, Saya seorang pemberi pinjaman uang pribadi terdaftar. Kami memberikan pinjaman untuk membantu orang, perusahaan yang perlu memperbarui status keuangan mereka di seluruh dunia, dengan Suku Bunga tahunan yang sangat Minimal Low 2% dalam waktu satu tahun sampai 30 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran 5.000 euro € 100.000.000. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik, untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. Orang yang tertarik harus menghubungi kami melalui email: (24hourstloancompany1@gmail.com)

    Apakah Anda pernah ditolak oleh banyak bank
    Anda perlu membiayai untuk ekspansi bisnis Anda,
    Anda membutuhkan pinjaman pribadi

    Mengajukan pinjaman, turunkan rincian di bawah ini:
    1. Nama Lengkap
    2. Alamat
    3. Jumlah
    4. Durasi Masa
    5.Phone Nomor
    6. Pekerjaan

    Mrs Farida Stephen

    ReplyDelete
  127. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Fernan tina, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini dengan e-mail di: (fernantinaloan@gmail.com)

    ReplyDelete

  128. Halo,

    selamat datang di dunia koperasi plc perusahaan pinjaman, kita terdaftar, dijamin dan Pemerintah bersertifikat, internasional uang perusahaan Pinjaman, Sebuah Layanan Personalized untuk Semua Kebutuhan Keuangan Anda, kami memberikan pinjaman kepada individu, perusahaan, instansi, organisasi bisnis) kita Penyedia pinjaman menawarkan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman hutang konsolidasi, Venture Capital, Kredit Usaha, pinjaman pendidikan, pinjaman rumah, dan pinjaman untuk alasan apapun dan kebutuhan mendesak, kami memberikan pinjaman internasional untuk perusahaan dan individu, yang Punya telah menolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki tagihan yang belum dibayar? khawatir lagi karena Anda hubungi kami hari ini, jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut, untuk serius dan jujur ​​orang yang menghubungi kami di Email, Kami dapat membantu Anda, Kami memberikan semua jenis pinjaman dari 5.000 € (Lima Ribu EURO) ke 500.000.000,00 € (Lima Ratus Juta EURO) sebesar 2%, Kami juga meminjamkan di USA DOLAR, POUND DAN BANYAK LEBIH berkat untuk waktu Anda, Macam Salam, CEO Mr Diego Carlos


    Email Kontak: cooperativeworld.org@gmail.com

    ReplyDelete


  129. Apa yang Anda tunggu .. Menerapkan hari ini untuk pinjaman Anda di perusahaan islamicloans dengan bunga hanya 2%.
    hubungi mr Ali Hammed untuk Anda dijamin .. cepat dan handal pinjaman pada islamicloanss@gmail.com

    ReplyDelete
  130. HATI-HATI DI SINI
    Banyak dari para pemberi pinjaman di sini adalah penipuan. aku pernah jadi korban. 98% dari mereka semua adalah pendusta. Hanya satu atau dua dari 100 yang asli. Ternyata setelah saya scammed saya bertemu dengan seseorang yang mengarahkanku ke sebuah islam serikat kredit di mana saya kemudian mendapat pinjaman saya dalam waktu hanya 2 hari. Jadi teman-teman harap berhati-hati di sini dan tidak mengirim mereka sebuah email. Jika anda benar-benar membutuhkan pinjaman, satu-satunya sumber asli aku bisa menuntunmu ke mana aku telah mengkonfirmasi apakah Islam serikat kredit. Mereka memiliki rasa takut dari yang maha kuasa Allah dalam hati mereka. Email mereka melalui islamiccreditunion@gmail.com. Ikuti mereka semua instruksi. Jangan takut dari mereka hanya karena ada yang lain scam. Saya telah diuji dan mendapat pinjaman dari mereka. ketika anda mengikuti mereka petunjuk tentang cara untuk mendapatkan pinjaman dari mereka, anda akan mendapatkan pinjaman merosot.

    ReplyDelete
  131. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Nyonya Anita Paul, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman dengan bunga 2% kepada individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan dimengerti. hubungi kami hari ini dengan e-mail di: (. gloriouspeaceloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  132. Apakah Anda mencari bantuan keuangan, Apakah Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan?
    Terlihat ada jauh sebagai perusahaan Gochel Keuangan sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang diminta Anda asalkan Anda akan dapat membayar kembali pinjaman.
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 4% dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan jaminan 100%.
    Anda dapat menghubungi kami untuk setiap jenis kredit termasuk kredit mobil, pinjaman bisnis, pinjaman rumah, Startup Pinjaman, dll melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM
    Untuk rincian lebih lanjut atau untuk menerapkan email kami dengan rincian di bawah ini.

    Umur:
    Nama lengkap:
    Jumlah Dibutuhkan:
    Durasi pinjaman (waktu pengembalian):
    negara:
    kota:
    Alamat tetap:
    seks:
    Nomor telepon:
    Gaji perbulan:
    pekerjaan:
    Berikutnya Kin:
    Alamat rumah:
    Alamat kantor:
    Nomor telepon:
    Apakah kamu mengerti bahasa Inggris:
    pekerjaan:

    Setelah informasi ini menerima oleh perusahaan saya, prosedur pinjaman akan dimulai dengan cepat menghubungi kami melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM

    ReplyDelete
  133. Apakah Anda mencari bantuan keuangan, Apakah Anda sangat membutuhkan bantuan keuangan?
    Terlihat ada jauh sebagai perusahaan Gochel Keuangan sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang diminta Anda asalkan Anda akan dapat membayar kembali pinjaman.
    Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 4% dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan jaminan 100%.
    Anda dapat menghubungi kami untuk setiap jenis kredit termasuk kredit mobil, pinjaman bisnis, pinjaman rumah, Startup Pinjaman, dll melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM
    Untuk rincian lebih lanjut atau untuk menerapkan email kami dengan rincian di bawah ini.

    Umur:
    Nama lengkap:
    Jumlah Dibutuhkan:
    Durasi pinjaman (waktu pengembalian):
    negara:
    kota:
    Alamat tetap:
    seks:
    Nomor telepon:
    Gaji perbulan:
    pekerjaan:
    Berikutnya Kin:
    Alamat rumah:
    Alamat kantor:
    Nomor telepon:
    Apakah kamu mengerti bahasa Inggris:
    pekerjaan:

    Setelah informasi ini menerima oleh perusahaan saya, prosedur pinjaman akan dimulai dengan cepat menghubungi kami melalui email HAMMERS.CREDIT@GMAIL.COM

    ReplyDelete
  134. Saya nama fatma, tinggal di Indonesia, saya adalah seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    Media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena bulan everywhere.Few lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pinjaman online. Aku tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs theresa yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar $ 100.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat angsuran pertama saya peringatan 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ms. Theresa melalui: theresaloancompany@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: feyzilfatma@gmail.com

    ReplyDelete
  135. Nama saya Ratu Untung, di sini untuk mengemis dan warga saran dari Indonesia dan lain-lain, untuk berhati-hati dengan orang-orang yang menyebut diri pemberi pinjaman mereka. Karena kemiskinan dan kesulitan, saya scammed dan tertipu dua kali oleh beberapa pemberi pinjaman kredit penipuan, tidak sampai saya datang di kredit clara, yang mengubah hidup saya untuk lebih baik dan membuat saya membayar hutang saya. Sekarang saya bisa makan dengan baik dan anak-anak saya bisa berhenti menangis untuk makanan dan mereka sekarang dapat pergi ke sekolah.
    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman cepat tanpa colletaral, saya menyarankan Anda menghubungi Ibu Clara pada: Claraloan@financier.com atau Claraaldermanloans@gmail.com untuk lebih saran dan direktif Anda juga dapat menghubungi saya melalui: Ratuuntung2@gmail.com

    ReplyDelete
  136. Halo semua,

    Saya Mrs Susan menderita kelaparan, Saya menulis surat ini dari kesaksian karena saya sangat berterima kasih atas apa yang Nyonya Clara Morgan lakukan untuk saya dan keluarga saya, ketika saya pikir tidak ada harapan lagi dia datang dan membuat keluarga saya merasa hidup lagi dengan memimpin kami pinjaman bunga rendah dari 3% saya tidak pernah berpikir bahwa masih ada pemberi pinjaman pinjaman yang tulus dalam internet tapi mengejutkan terbesar saya saya mendapat pinjaman saya tanpa membuang banyak waktu, jadi jika Anda di luar sana mencari pinjaman untuk alasan keuangan di semua maka saya akan saran Anda untuk email Mrs Clara Morgan di VIA: {} clara_morgan@outlook.com untuk Info lebih tENTANG TRANSAKSI

    SAYA BERHARAP YANG TERBAIK UNTUKMU

    Salam hormat
    Ibu Susan menderita kelaparan

    ReplyDelete
  137. Halo,
    Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat umum bahwa Mrs. cynthia cruz, pribadi
    pemberi pinjaman pinjaman telah membuka kesempatan keuangan
    semua membutuhkan setiap
    bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk
    orang, perusahaan
    dan masyarakat dengan cara yang jelas dan dimengerti
    syarat dan Ketentuan. kontak
    kita hari ini dengan e-mail ke: (cruzccynthia@gmail.com) ...

    ReplyDelete
  138. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!
    Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
    chloemorrisloanfirm@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: purtihamzah@gmail.com

    ReplyDelete
  139. TESITIMONY NYATA KREDIT PENAWARAN !!! TESITIMONY NYATA KREDIT PENAWARAN !!!

    Segala puji bagi Allah, yang Anda cari pinjaman? silahkan saya sarankan semua orang di sini sangat hati-hati, karena ada begitu banyak lender pinjaman palsu di sini. Saya telah menjadi korban dari sebuah pemberi pinjaman 8-kredit palsu, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri. saya baru saja keluar dari penjara dan seorang teman saya memperkenalkan saya ke kreditur pinjaman yang saya mencoba karena saya tidak punya pilihan selain untuk mencoba pinjaman asli dan pemberi pinjaman. Saya mendapat pinjaman saya dari CHLOEMORRISLOANFIRM tanpa stres, jadi saya memutuskan untuk membuat kesaksian ini. Saya meminta saran Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menghubungi CHLOEMORRISLOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. chloemorrisloanfirm@gmail.com,.
    Anda masih dapat menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang harsiniyono@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati

    ReplyDelete
  140. Adakah anda memerlukan pinjaman segera?
    * Pemindahan Sangat cepat dan segera ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula sembilan bulan selepas anda mendapat wang dalam anda

    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Tempoh
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman,
    Anda boleh mengharapkan bahawa jawapan awal kurang daripada 24 jam dan
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang kita perlukan
    daripada anda.
    Hubungi syarikat pinjaman sah dan berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat lanjut dan borang permohonan pinjaman melalui Hubungi sekarang
    e-mel: trustloan87@gmail.com

    Hal terbaik,
    Mr.Anthony Dave.
    Ketua Pegawai Eksekutif (CEO)
    Amanah Pinjaman Syarikat

    ReplyDelete
  141. Ini adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat bahwa KATE HENRY, pemberi pinjaman pinjaman pribadi di kesempatan keuangan untuk mereka yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami menyediakan pinjaman bunga 2% kepada individu, perusahaan dan subyek korporasi dengan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti. hubungi kami hari ini melalui email di: katehenry687@yahoo.com

    Peminjam DATA.
    Nama lengkap:.......................................
    Negara: .......................................
    Judul: .......................................
    Negara: .......................................
    Sex: .......................................
    Status pernikahan:.......................................
    Pekerjaan: .......................................
    Telepon: .......................................
    Saat ini posisi di tempat kerja: .......................................
    Gaji perbulan:.......................................
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .......................................
    Jangka waktu pinjaman: .......................................
    Tujuan Pinjaman: .......................................
    Terapkan pinjaman sebelum: .......................................

    EMAIL; katehenry687@yahoo.com

    ReplyDelete
  142. Halo semua,
    Saya Ibu Esther Jones, uang pemberi pinjaman pribadi, Apakah Anda di kredit buruk? Apakah standar keuangan Anda perlu perbaikan? Aku mengoperasikan terdaftar dan disetujui pemerintah lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu untuk tingkat bunga 2%. Aku memberikan pinjaman lokal dan internasional untuk setiap tubuh membutuhkan pinjaman, dan yang bersedia untuk membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau bank cek bersertifikat untuk apa yang pernah negara Anda. Saya tidak bank dan saya tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami. Anda dapat menghubungi kami melalui estherjones.lenders@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete
  143. halo

    Terapkan untuk cepat pinjaman dan cara mudah untuk membayar tagihan dan dimulainya kembali pembiayaan proyek Anda dalam tingkat bunga termurah dari 3% untuk menghubungi kami hari ini melalui: trustfunds804@outlook.com. Pinjaman membutuhkan tawaran pinjaman minimum kami 1,000.00 pilihan meminjam uang, saya pendaftaran dan pemberi pinjaman bersertifikat Legit, Anda dapat menghubungi kami hari ini jika Anda tertarik. Untuk mendapatkan pinjaman ini, hubungi saya untuk informasi lebih lanjut tentang proses pinjaman sebagai syarat dan kondisi dari pinjaman dan jumlah pinjaman akan ditransfer ke Anda. Aku membutuhkan respon mendesak Anda jika Anda tertarik.

    ReplyDelete
  144. Saudara, jika Anda berada di situs ini karena Anda membutuhkan pinjaman, Anda lebih baik berhati-hati sehingga Anda tidak akan jatuh viticm penipuan, hampir semua orang di sini yang mengklaim untuk memberikan pinjaman semua palsu dan penipuan. saya telah mencoba sekitar 4 lender pinjaman yang berbeda di sini dan rekan kerja saya juga. kita semua guru di Wesley International School di sini di Malang. kita semua membutuhkan uang untuk bisnis dan kami semua penipuan dan ditipu oleh pemberi pinjaman kredit di situs ini, jadi saya memperingatkan kalian semua tidak berlaku di setiap pemberi pinjaman yang Anda lihat di situs ini, jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman kemudian aplly di bank Anda dari mana Anda percaya. Saya kemudian mendapat pinjaman saya setelah begitu banyak penelitian karena saya tidak mampu untuk mendapatkan pinjaman dari bank saya, saya kemudian mendapat pinjaman saya dari seorang wanita yang adikku di luar negeri intruduced kepada saya, dia adalah dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, adikku adalah pembantunya, dan saya diterapkan di perusahaan-nya, Terpujilah Allah, saya mendapat pinjaman saya dari dia dalam waktu 48 jam, dan saya mengatakan semua teman-teman saya tentang hal itu, dan mereka semua mendapat pinjaman mereka juga, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, tidak perlu bagi Anda untuk mencari pemberi pinjaman di sini karena mereka semua penipuan, hanya diterapkan di Abu Dhabi, email mereka obi.loanfirm@gmail.com
    jika Anda masih ingin bertanya kepada saya pertanyaan lagi maka Anda dapat mengirimkan saya mail dalam susankirana0@gmail.com. Allah membantu Anda semua

    ReplyDelete
  145. Halo semua di sini untuk bersaksi bagaimana saya mendapat pinjaman saya dari Mrs Laura Smith setelah saya diterapkan beberapa kali dari berbagai lender pinjaman yang mengaku juga bersaksi tepat di forum ini, saya pikir kesaksian mana yang nyata dan saya diterapkan tetapi mereka tidak pernah memberi saya pinjaman. Saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis dan saya diterapkan dari berbagai lender pinjaman yang berjanji untuk membantu tetapi mereka tidak pernah memberi saya loan.Until teman saya memperkenalkan saya ke Mrs Smith Laura yang berjanji untuk membantu saya dan memang dia melakukan apa yang dijanjikan tanpa bentuk delay.I tidak pernah berpikir masih ada pemberi pinjaman terpercaya sampai saya bertemu Mrs Laura Smith, yang memang membantu dengan pinjaman dan berubah belief.I saya tidak tahu apakah Anda dengan cara apapun dalam membutuhkan pinjaman asli dan mendesak, merasa bebas untuk menghubungi Mrs Smith Laura melalui email nya {mrslaurasmithloanfirm@hotmail.com}

    Maria

    ReplyDelete
  146. Halo teman-teman saya dan keluarga, silahkan saya ingin Anda semua untuk berhati-hati di internet. saya akan saran Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet becaue tidak semua dari mereka adalah nyata, mereka adalah scam, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk Pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua pencuri. saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim jumlah pelukan uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, tapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Silakan Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin menerapkan di internet, hanya ada satu pemberi pinjaman kredit saya yang percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya begitu banyak dalam sakit karena saya memiliki banyak utang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya keluar untuk mencari pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman pinjaman baru ESTHER JONES, dan kami diterapkan di perusahaan, jadi saya teman adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan regulasi dan kepada Allah menjadi kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 422 juta. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi ESTHER JONES dan mengikuti aturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda dapat mencapai dia di email nya di estherjones.lenders@gmail.com.

    Anda masih dapat menghubungi saya di email saya di yulia.suryanto@gmail.com

    ReplyDelete
  147. Apakah Anda berjuang dengan pinjaman federal atau swasta? Ini adalah pinjaman islamic dan kami memberikan pinjaman di hanya 2% kontak tingkat bunga Mr Ali hari ini di islamicloanss@gmail.com.
    Anda tidak perlu looose dari sistuation keuangan Anda.
    salam

    ReplyDelete
  148. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  149. Menawarkan pinjaman URGENT DAFTAR SEKARANG.
    Halo,
    Nama saya Mrs clara Fredrick, aku dari usa, aku menikah, aku harus
    telah mencari perusahaan pinjaman yang tulus untuk 5 bulan terakhir dan
    Semua itu sekelompok penipuan yang membuat saya mempercayai mereka dan pada akhirnya
    hari, mereka mengambil uang saya tanpa memberikan sesuatu kembali, semuanya
    Harapan saya hilang, saya bingung dan frustrasi, saya merasa sangat
    sulit untuk memberi makan keluarga saya, saya tidak pernah ingin ada hubungannya
    dengan pinjaman perusahaan di internet, jadi saya pergi untuk meminjam uang dari
    teman, saya menceritakan semua yang terjadi dan dia bilang dia bisa membantu saya, yang
    dia tahu bahwa sebuah perusahaan pinjaman yang dapat membantu saya dengan setiap jumlah pinjaman
    perlu bagi saya dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%, hanya memiliki
    pinjaman dari mereka, ia menuntun saya tentang cara untuk mengajukan pinjaman, yang saya lakukan
    saat ia mengatakan kepada saya, saya diterapkan dalam E-mail: (patrickloans15@gmail.com),
    Saya tidak pernah percaya, tapi aku mencoba dan saya
    Kejutan terbesar saya memiliki pinjaman dalam waktu 24 jam, saya tidak bisa percaya,
    Saya senang dan baru kaya dan aku bersyukur kepada Tuhan bahwa pinjaman tersebut
    perusahaan seperti ini masih ada pada penipuan ini seluruh tempat,
    Silakan, saya menyarankan semua orang di luar sana yang membutuhkan pinjaman untuk pergi ke
    (patrickloans15@gmail.com) yang tidak akan pernah meninggalkan Anda, dan
    hidup Anda akan berubah seperti yang saya lakukan.

    ReplyDelete
  150. Adakah anda memerlukan pinjaman, untuk membeli sebuah rumah, kereta? Adakah anda dalam apa jua keadaan huru-hara kewangan dan anda mahu untuk menyelesaikan krisis anda? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk memenuhi permintaan daripada ahli-ahli keluarga atau kekal memberangsangkan dari segi kewangan? Jika ini berlaku maka bimbang lagi kerana kami adalah sebuah syarikat pinjaman peribadi yang bertujuan untuk membantu mereka yang memerlukan dari segi kewangan supaya mereka dapat menjalani kehidupan yang mereka ingini. Isikan borang di bawah dan mendapatkan ia kembali kepada kami melalui e-mel sebagai davidpetersonloanfirm1@outlook.com dan kita akan gembira untuk membantu anda.

    Nama:
    negara:
    Negeri:
    jantina:
    Nombor telefon:

    Isikan ini dan kembali kepada kami melalui e-mel sebagai davidpetersonloanfirm1@outlook.com supaya transaksi pinjaman tersebut boleh memulakan OK.

    Nama: David Peterson
    E-mel: davidpetersonloanfirm1@outlook.com

    ReplyDelete
  151. Adakah anda memerlukan pinjaman segera?
    * Pemindahan Sangat cepat dan segera ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula sembilan bulan selepas anda mendapatkan wang dalam akaun bank anda
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Tempoh
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman,
    Anda boleh mengharapkan bahawa jawapan awal kurang daripada 24 jam dan
    pembiayaan dalam tempoh 72-96 jam selepas menerima maklumat yang kami perlukan daripada anda.
    Hubungi syarikat pinjaman yang sah dan berlesen diberi kuasa bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain. Untuk maklumat lanjut dan borang permohonan pinjaman melalui Hubungi sekarang
    e-mel: trustloan87@gmail.com

    Hal terbaik,
    Mr.Anthony Dave.
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Amanah Pinjaman Syarikat

    ReplyDelete


  152. Apakah Anda mencari untuk pinjaman yang sangat Asli? Kabar baiknya adalah di sini! ! ! Kami Tawarkan PINJAMAN mulai dari $ 5, 000.00 sampai $ 30, 000, 000.00 pada tingkat bunga 2% per tahunan. PINJAMAN untuk mengembangkan bisnis Kami bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan dinamis kontak kami melalui Email: khalifafinancialcompanies@gmail.com

    ReplyDelete
  153. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  154. APAKAH ANDA PRIA BISNIS / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman musim Natal pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat mulai bulan baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  155. APAKAH ANDA PRIA BISNIS / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman musim Natal pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat mulai bulan baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  156. PERINGATAN !!!! SILAHKAN BACA

    Hati-hati di sini teman-teman, hati-hati di sini tentang orang-orang yang menawarkan pinjaman. Jangan email mereka atau jawaban mereka. Saya telah penipuan oleh mereka beberapa bulan yang lalu. Aku tetap membayar uang tapi tidak ada pinjaman. Itu adalah Allah yang menggunakan temanku untuk mengarahkan saya ke sebuah Islam serikat kredit di mana saya mendapat pinjaman untuk meningkatkan bisnis saya. Jika bukan karena organisasi itu, aku pasti sudah mati sekarang. Tidak ada jaminan yang diperlukan dari saya dan tidak ada biaya tersembunyi. Mereka tidak akan membebankan bunga atas pinjaman berdasarkan hukum Islam. Mereka pinjaman adalah bunga bebas. Jika anda membutuhkan tempat di mana anda bisa mendapatkan pinjaman itu adalah asli dan juga dari organisasi yang didirikan dengan rasa takut dari Allah untuk orang-orang bebas dari masalah keuangan, semua yang perlu anda lakukan adalah menghubungi ISLAM SERIKAT KREDIT melalui email: islamiccreditunion@gmail.com dan ikuti persyaratan mereka dan anda akan mendapatkan pinjaman. Jangan takut pada mereka. Aku awalnya takut mereka ketika saya mengajukan pinjaman dengan mereka. Saya pikir mereka di mana seperti yang lain palsu pemberi pinjaman. Tapi ketika saya memakai keberanian dan menyelesaikan transaksi dengan mereka, dalam waktu kurang dari 3 hari saya mendapat pinjaman. Mereka memiliki berbagai pinjaman lunak rencana itu akan sesuai dengan situasi anda. Tolong abaikan semua ini palsu dan orang-orang kontak ICU, hari ini, dan kau akan bahagia seperti saya.

    ReplyDelete
  157. Hello klien dalam kesusahan,
    i SURF internet sebagai agen terkemuka dan perusahaan yang dapat diandalkan, Cahya Kirana Kredit Terbatas. Perusahaan pinjaman bersertifikat kami. Saya ingin meyakinkan Anda bahwa kami dapat membuat impian Anda datang melalui. semua yang perlu Anda lakukan adalah kembali kepada kami di cahya.creditfirm@gmail.com email kami dan memulai proses pinjaman Anda. Jika pinjaman Anda disetujui oleh perusahaan kami, Anda akan mendapatkan sertifikat persetujuan dan pinjaman Anda akan dikirim langsung ke rekening Anda, dan juga membuatnya untuk kepuasan Anda yang mengapa kami memberikan pinjaman kepada pelanggan kami dengan tingkat 2% tingkat. Jadi kembali ke kami sekarang, jika Anda membutuhkan pinjaman hari ini. Badan cahya Kirana Pinjaman Limited, kebahagiaan Anda adalah sukacita kita.

    ReplyDelete
  158. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan segera ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang dalam akaun bank anda
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Tempoh
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman,
    anda boleh mengharapkan bahawa jawapan awal kurang daripada 24 jam dan
    pembiayaan dalam tempoh 72-96 jam selepas menerima maklumat yang kami perlukan daripada anda.
    Hubungi sah dan syarikat pinjaman berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat lanjut dan borang permohonan pinjaman Hubungi sekarang melalui
    e-mel: trustloan87@gmail.com

    TERBAIK BERHUBUNG,
    Mr.Anthony Dave.
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Amanah Pinjaman Syarikat

    ReplyDelete
  159. Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 9 bulan. kemudian saya berpikir bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs dari pengumuman pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, CAHYA KIRANA, iklan kredit dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses itu berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku terkejut terbesar saya. dia memberi saya pinjaman Rp500,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya dan pinjaman saya sudah siap, dalam waktu 8 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini dia, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi dia hari ini sayang saudara saya dan adik dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua hidup saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya pada dirinya Email cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, dan mendapatkan pinjaman hari ini .. Anda juga dapat menghubungi saya di hariadihariadi70@gmail.com dan di sini adalah email teman-teman saya kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya! dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman pinjaman masih ada seseorang yang peduli apa-apa.

    ReplyDelete
  160. Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan atau pinjaman mendesak? dan Anda telah kecewa dengan bank. Kami dapat menyediakan dana langsung dari hingga 5 juta euro pada tingkat bunga yang sesuai Untuk informasi lebih lanjut dan persyaratan formulir aplikasi, Hubungi kami melalui email zenithbankplcoffers.ng@gmail.com,
    nama:
    negara:
    Jumlah pinjaman:
    durasi:
    Nomor telepon:

    hal
    Zenith Bank Tawarkan.

    ReplyDelete
  161. TAWARAN PINJAMAN UNTUK SEMUA (MOHON SEKARANG)

    Adakah anda seorang ahli perniagaan atau perempuan? Adakah anda dalam mana-mana tekanan kewangan? Adakah anda memerlukan wang untuk memulakan perniagaan anda sendiri? Adakah anda mempunyai pendapatan yang rendah dan sukar untuk mendapatkan pinjaman daripada bank-bank tempatan dan institusi kewangan lain? Jawapan yang ada di sana, Angela Davids Firma Pinjaman adalah jawapannya. Kami menawarkan;

    a) pinjaman peribadi, pengembangan perniagaan.
    b) Permulaan Perniagaan dan pendidikan.
    c) penyatuan hutang.
    d) Pinjaman Wang Keras.

    Walau bagaimanapun, kaedah kami menawarkan kemungkinan untuk menunjukkan jumlah pinjaman yang diperlukan dan juga tempoh yang anda mampu untuk melengkapkan pembayaran balik pinjaman dengan kadar faedah sebanyak 2%. Ini memberikan peluang yang sebenar untuk mendapatkan wang yang anda perlukan anda. Calon yang berminat, sila hubungi kami melalui: angeladavidloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  162. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan segera ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang dalam akaun bank anda
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Tempoh
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman, anda boleh menjangkakan bahawa jawapan awal kurang daripada 24 jam dan pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang kami perlukan daripada anda. Hubungi sah dan syarikat pinjaman berlesen yang dibenarkan bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain. Untuk maklumat lanjut dan borang permohonan pinjaman Hubungi sekarang melalui
    e-mel: trustloan87@gmail.com

    TERBAIK BERHUBUNG,
    Mr.Anthony Dave.
    Ketua Pegawai Eksekutif
    Amanah Pinjaman Syarikat

    ReplyDelete
  163. Anda tidak perlu pinjaman mendesak untuk memecahkan kebutuhan keuangan Anda? Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5.000,00 ke 250,000,000.00. Max, kami memiliki handal, efisien, cepat dan dinamis dengan tidak ada pemeriksaan kredit dan menawarkan 100% dijamin pinjaman luar negeri selama periode tersebut semua di sini. Kami juga mengambil pinjaman dalam euro, sterling dan dolar nilai tukar semua pinjaman adalah 2% jika Anda tertarik kembali kepada kami melalui. marycoleloanscompany3@gmail.com dengan Informasi berikut:
    Syarat Penggunaan
    negara:
    kota:
    alamat:
    Jumlah yang diminta:
    waktu:
    Umur:
    jenis kelamin:
    pekerjaan:
    No Telepon:
    Terima
    mrs Mary

    ReplyDelete
  164. Halo semua,

    Saya ibu Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang di dalam kamu kredit Bad?

    Anda perlu meningkatkan finansial? Aku telah didaftarkan dan disetujui oleh kerajaan

    untuk mengontrol lembaga finansial. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi-reputasi

    dan individu untuk tingkat Tersedia di 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan

    Intl untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan yang bisa membayar kembali

    pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau

    cek bank didukung untuk apa yang pernah Anda terima bank di negara tersebut. Tidak

    memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.

    Anda dapat menghubungi kami melalui
    sandraovialoanfirm@gmail.com

    Terima kasih
    Sandra perusahaan Ovia Pinjaman
    Ibu Sandra Ovia

    ReplyDelete
  165. Halo semua, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs. Obi Esther. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod, dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka adalah scammers dan penipuan. Kondisi saya menjadi begitu penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Obi Esther, di mana saya mengajukan pinjaman Rp500.000.000 dengan tingkat 2% (2 persen), dan pinjaman disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan istilah perusahaan dan kondisi bahwa semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah pendaftaran saya punya saya Pinjaman 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman ini dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya terima Mrs. Obi Esther untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Pleae jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak cheater dan scammers di sini di internet. Aku akan saran Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menerapkan mana saya diterapkan yang asli dan nyata hanya dengan pendaftaran saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Obi Esther jika Anda memerlukan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau ditipu, email-nya adalah obi.loanfirm@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di ivhaandriani@gmail.com. Tuhan memberkati kalian semua

    ReplyDelete
  166. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit tahun kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    Akaun Bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda Boleh Mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    Pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang diperlukan
    daripada anda.

    Hubungi Sah sah dan berlesen syarikat amanah
    bahawa bantuan kewangan kepada Negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  167. * Do you need an urgent loan?
    * Monthly repayment start within 8 months after you have collected the loan on your bank account.
    * Low interest rates 2%
    * Repayment of long-term (1-30 years) period.
    * Flexible loan terms and monthly payments.
    * How long does it take to fund? After submitting loan application
    You can expect a preliminary answer less than 24 hours, and ***.
    *** Funding within 72-96 hours after receiving the information we need.
    from you Contact us now
    Email: trustloan87@gmail.com


    BEST REGARD,
    Mr.Anthony Dave.
    Chief Executive Officer
    Trust Loan Company

    ReplyDelete
  168. Halo teman-teman saya dan keluarga, silahkan saya ingin Anda semua untuk berhati-hati di internet. saya akan saran Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semua dari mereka adalah nyata, mereka adalah scam, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk Pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua pencuri. saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim jumlah pelukan uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, tapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Silakan Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin menerapkan di internet, hanya ada satu pemberi pinjaman kredit saya yang percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya begitu banyak dalam sakit karena saya memiliki banyak utang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya keluar untuk mencari pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman pinjaman baru ESTHER JONES, dan kami diterapkan di perusahaan, jadi saya teman adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan regulasi dan kepada Allah menjadi kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 422 juta. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi ESTHER JONES dan mengikuti aturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda dapat mencapai dia di email nya di estherjones.lenders@gmail.com.

    Anda masih dapat menghubungi saya di email saya di yulia.suryanto@gmail.com

    ReplyDelete
  169. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  170. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membeli mobil atau membayar tagihan Anda dan juga untuk memulai bisnis baru dan untuk alasan lain jika ya email kami di (rllender@hotmail.com) dan perhatikan bahwa pinjaman ini diberikan pada tingkat bunga 2% dan dari berbagai minimal Rp 20.000.000 dan di atas.

      Delete
  171. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  172. Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Jika dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Jika Anda membayar tagihan atau utang untuk menyelesaikan, atau apakah saya perlu pinjaman untuk memulai bisnis yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan itu sulit bank lokal / modal mencari untuk mendapatkan kredit dari lembaga keuangan lain? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pembiayaan untuk alasan apapun, jika Anda suka,

    * Kredit Kendaraan
    * Real Estat Pinjaman
    * Pinjaman Bisnis
    * Pinjaman Lainnya
    * Kredit
    * MasterCard

    Silahkan hubungi kami melalui
    e-mail: eaglesfinanceloancompany@gmail.com
    Ponsel: +12408924572 +17608969709

    Catatan: Pinjaman memberikan tingkat bunga tahunan hanya 2%. Harap Anda akan diberikan kredit di negara manapun di dunia harus perumahan.

    ReplyDelete
  173. Adakah anda memerlukan pinjaman kredit kewangan yang mendesak?
    * Pemindahan Sangat cepat dan serta-merta ke akaun bank anda
    * Bayaran balik bermula lapan bulan selepas anda mendapatkan wang
    akaun bank
    * Kadar faedah yang rendah sebanyak 2%
    * Bayaran balik jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Terma pinjaman yang fleksibel dan bayaran bulanan
    *. Berapa lama masa yang diambil untuk membiayai? Selepas mengemukakan permohonan pinjaman
    Anda boleh mengharapkan jawapan awal kurang dari 24 jam
    pembiayaan dalam 72-96 jam selepas menerima maklumat yang mereka perlukan
    dari awak.

    Hubungi sah dan syarikat amanah berlesen yang dibenarkan
    bahawa bantuan kewangan kepada negara-negara lain.
    Untuk maklumat dan pinjaman lebih permohonan membentuk perniagaan bersama, melalui

    e-mel: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA DEMETER
    Ketua Pengarah
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  174. halo, Anda harus sangat berhati-hati di sini, tidak mengajukan permohonan pinjaman di perusahaan yang Anda tidak tahu tentang karena Anda akan ditipu. saya telah tertipu dan ditipu oleh semua pemberi pinjaman kredit di situs ini, saya berpikir bahwa mereka adalah nyata tetapi mereka tidak, mereka semua palsu dan curang. Saya akan menyarankan semua orang di sini sangat berhati-hati dalam internet, banyak dari mereka di sini adalah curang berpura-pura menjadi pemberi pinjaman, semua yang mereka inginkan adalah uang Anda dan Anda tidak akan pernah mendapatkan pinjaman dari mereka. saya kehilangan begitu banyak di internet semua karena saya butuhkan pinjaman. Tapi saya sangat terkejut kemarin ketika saya memperkenalkan Mr McClain yang berasal dari Abu Dhabi, dan saya mengajukan pinjaman sekitar 331 juta, saya pikir bahwa itu adalah juga scam tapi aku salah, aku mendapat pinjaman saya dari Mr . McClain kemarin, saya sangat senang bahwa sebabnya saya berbagi informasi ini kepada semua orang di sini, hubungi Mr McClain dan ia akan membantu Anda cara dia membantu saya, email mereka mcclainrich.finance@gmail.com

    ReplyDelete
  175. Membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan Anda? Anda perlu
    pinjaman atau bisnis pribadi? Membutuhkan pinjaman untuk berbagai
    tujuan lain? Jika demikian, silakan hubungi kami hari ini
    (AustineDan413@gmail.com) untuk pinjaman.
    Kami menawarkan pinjaman terbesar dari $ 5,000.000.00. Kami menawarkan
    Pinjaman @ tingkat bunga tetap 3% selama
    1-20 tahun. Kami memberikan dua bulan sebelum masa tenggang
    pembayaran bulanan dimulai. Oleh karena itu, jika Anda tertarik,
    silahkan mengisi formulir di bawah ini dan kembali ke kita sebagai
    sesegera mungkin untuk diproses.
    Nama lengkap: ...................
    Seks: ...................
    Tahun: .....................
    Alamat jalan: ................
    kota: .......................
    negara: ..................
    Jumlah pinjaman: ..............
    Jangka waktu pinjaman: .............
    Nomor telepon: ................
    pendudukan: ...................
    gaji perbulan: ..............
    Tujuan pinjaman: .................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? .............

    ReplyDelete
  176. Saya nama fatma, tinggal di Indonesia, saya adalah seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    Media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena bulan everywhere.Few lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pinjaman online. Aku tidak kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs theresa yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar $ 100.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat angsuran pertama saya peringatan 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ms. Theresa melalui: theresaloancompany@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: feyzilfatma@gmail.com

    ReplyDelete
  177. Kemuliaan bagi Tuhan,
    Setelah ditipu berkali-kali oleh bintang penipuan internet, satu hari saya menemukan kesaksian di internet yang dibuat oleh salah satu Ibu Kasih Bambang, dan saya menghubungi dia pada hari yang sama, maka dia membalas kembali kepada saya bahwa dia bukan salah satu yang memberikan pinjaman bahwa saya harus menghubungi Ibu Cahya di email nya, jadi saya melakukan seperti dia berkata dan setelah itu Ibu Cahya mengirim saya formulir saya mengisinya dan kemudian mengirimkannya kembali padanya, setelah semua proses, dia kemudian meminta saya untuk mengirim sebuah salinan scan KTP saya, saya melakukan apa yang diperintahkan kepada saya, maka saya meminta untuk membayar biaya pendaftaran sebelum saya bisa mendapatkan pinjaman dari Badan begitu saya menjadi takut bahwa dia penipu lain, maka saya cepat menghubungi Ibu . Kasih Bambang dan dia mengatakan kepada saya untuk tidak takut bahwa saya hanya harus mengikuti instruksi memberikan kepada saya oleh Ibu Cahya bahwa dia adalah ibu yang benar dan saya akan mendapatkan pinjaman saya jika saya percaya padanya, sayang saya mengambil iman dan membayar Biaya untuk kejutan terbesar saya, saya mendapat pinjaman saya dikirim ke rekening bank saya 4 jam setelah saya membayar biaya Pajak dan biaya transfer dan tidak lebih. Orang-orang saya di sini untuk memberitahu Anda semua untuk menghubungi Ibu Cahya sekarang dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan sangat senang mengetahui dia memang Ibu benar untuk anak-anaknya, jadi jika Anda menghadapi stres keuangan ini saya akan menyarankan Anda menghubungi Ibu Cahya hari pada dirinya Email dan mendapatkan pinjaman hari ini .. cahya.credidfirm@gmail.com Anda juga dapat menghubungi saya di bataribima2011@gmail.com untuk lebih jelasnya.

    ReplyDelete
  178. Adakah anda memerlukan pinjaman, untuk membeli sebuah rumah, kereta? Adakah anda dalam apa jua keadaan huru-hara kewangan dan anda mahu untuk menyelesaikan krisis anda? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk memulakan perniagaan? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk memenuhi permintaan daripada ahli-ahli keluarga atau kekal memberangsangkan dari segi kewangan? Jika ini berlaku maka bimbang lagi kerana kami adalah sebuah syarikat pinjaman peribadi yang bertujuan untuk membantu mereka yang memerlukan dari segi kewangan supaya mereka dapat menjalani kehidupan yang mereka ingini. Isikan borang di bawah dan mendapatkan ia kembali kepada kami melalui e-mel sebagai davidpetersonloanfirm1@outlook.com dan kita akan gembira untuk membantu anda.

    Nama:
    negara:
    Negeri:
    jantina:
    Nombor telefon:

    Isikan ini dan kembali kepada kami melalui e-mel sebagai davidpetersonloanfirm1@outlook.com supaya transaksi pinjaman tersebut boleh memulakan OK.

    Nama: David Peterson
    E-mel: davidpetersonloanfirm1@outlook.com

    ReplyDelete
  179. Apakah Anda memerlukan pinjaman kredit Keuangan mendesak?
    * Sangat cepat dan segera transfer ke rekening bank Anda
    * Pembayaran mulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang
    Rekening Bank
    * Suku bunga rendah 2%
    * Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
    * Persyaratan pinjaman Fleksibel dan pembayaran bulanan
    *. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membiayai? Setelah penyampaian permohonan kredit
    Anda dapat Mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
    Pendanaan di 72-96 jam setelah menerima informasi Mereka perlu
    dari Anda.

    Hubungi sah dan berlisensi Trust Company Resmi
    bahwa bantuan keuangan kepada negara-negara negara-negara lain.
    Untuk informasi dan pinjaman lebih aplikasi membentuk usaha bersama, melalui

    email: cashfirmarena@gmail.com

    SIR EVA Demeter
    Direktur Jenderal
    CASHFIRM

    ReplyDelete
  180. Halo semua,
    Saya Mrs.Sarah Rama, uang pemberi pinjaman pribadi, Apakah Anda di kredit buruk? Apakah standar keuangan Anda perlu perbaikan? Aku mengoperasikan terdaftar dan disetujui pemerintah lembaga keuangan. Saya Agive pinjaman kepada perusahaan dan individu untuk tingkat bunga 2%. Aku memberikan pinjaman lokal dan internasional untuk setiap tubuh membutuhkan pinjaman, dan yang bersedia untuk membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau bank cek bersertifikat untuk apa yang pernah negara Anda. Saya tidak bank dan saya tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Sarahrama.lenders@gmail.com. Terima kasih

    ReplyDelete

 

Follower

Facebook Box

Twitter

Copyright © 2010 Distorsi All Rights Reserved
Distorsi | Toko Distorsi | Contact Us | Bonard Alfin's Blog | Merakit Quadcopter