Routing / alur alat - alat untuk rekaman


Setelah beberapa hari pusing karena bingung mau posting apa lagi. Nahh sekarang saya mencoba membuat tutorial tentang routing dari sumber suara sampai terekam hingga bisa terdengar di speaker monitor anda.

Tapi sebelumnya anda harus mengetahui tentang Tutorial: Alat yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman audio sederhana dan Tutorial: software-software yang dibutuhkan/ digunakan untuk studio rekaman

Penyamaan pendapat:♣ SOUNDCARD = CONVETER = AUDIO INTERFACE
♣ SUMBER SUARA = AUDIO SOURCE = SOUND SOURCE
♣ ROUTING = SKEMA = ALUR
♣ GAIN = VOLUME = BESAR KECIL NYA SUARA

1. Langsung ke soundcard
Sederhananya, yaitu dari sumber suara langsung ke soundcard, lalu di kelola di software DAW, dikeluarkan line out soundcard dan dapat di dengar oleh pendengaran kita melalui speaker monitor.

Routing:
♦ sumber suara → in soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

(Namun cara tersebut pasti banyak kekurangan, entah gain nya yang terekam kecil, noise yang besar, suara yang terdengar seperti di beri FX flanger, mendem dan lain2.)

2. Dengan alat tambahan
Bagus nya di beri alat tambahan seperti Preamp, DI Box, Exiter, Mixer yang ada Preamp nya, Equalizer, FX (stombox) dan lain-lain.

Routing:
♦ sumber suara → alat tambahan → in soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

Bingung?? Biar tidak bingung langsung ke praktek :D.

A. Merekam vokal
untuk merekam vokal dengan MICROPHONE routing nya ada dua teknik:
Routing:
♦ mic → in soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor
♦ mic → alat tambahan → in soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

Contoh:
♦ mic condenser → preamp / mixer yang mempunyai panthom power → in soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

(untuk mic condenser, harus mempunyai power sendiri, yaitu dengan menggunakan preamp / mixer yang mempunyai panthom power)

B. Merekam Guitar / Bass
 Kalo untuk guitar / bass itu punya beberapa teknik


-Dengan teknik direct
Routing:
♦Guitar / bass → in soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor
♦ Guitar / bass → alat tambahan → in soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

(alat tambahannya bisa berupa preamp, di box, fx stombox, fx digital, head cabinet)
 
Contoh:
♦ Guitar / Bass → FX Stombox → DI Box → Preamp → Head Cabinet → soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor



-Teknik todong
Teknik ini memerlukan amplifier dan microphone (untuk menodong amplifier).
Routing:
♦ Guitar / Bass → Alat Tambahan → Head Ampli → Amplifier → Todong Dengan Mic → Alat Tambahan → soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

Contoh:
♦ Guitar / Bass → FX Stombox → DI Box → Preamp → Head Cabinet → Amplifier → todong dengan Microphone → Preamp → soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor
(contoh routing di atas bisa diubah2 sesuai dengan kebutuhan dan selera)


C. Record Drum
♦ Untuk merekam drum, soundcard anda harus mempunyai 8 atau lebih channel input. Dan anda harus mempunyai mic yang sesuai jumlahnya dengan banyaknya Kit drum (snare, kick, dll) yang ingin di todong.

Routing
♦ Drum → Di Todong Dengan Mic → alat tambahan → soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

Contoh:
♦ Drum → Di Todong Dengan Mic → preamp → Mixer → soundcard → diolah di software daw → out soundcard → speaker monitor

Semoga bermanfaat :D
Salam





Artikel Terkait:

30 comments:

  1. saya suka ... tulisan tuisan anda..
    terima kasih ya om .. ada email ga .. siapa tau saya butuh bantuan ?

    ReplyDelete
  2. ini email saya mas bonardalfin@gmail.com :)

    ReplyDelete
  3. Aduh mas keren banget ni blog.. ini yg saya cari2.

    mas jelasin tentang di mixer nya dong, mksudnya dari jenis kabel yg digunakan gitar ke mixer, vocal. atau kabel mixer ke cpu..
    maklum mas asli pemula hehehe ary77.id86@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  4. mas tehnik yg paling bagus untuk record gitar bass yg mana, direct todong atw apa ? mhon pncrahanx.. tnks

    ReplyDelete
  5. @Anonymous
    tergantung mas suka nya bagaimana...

    kalau todong:
    1. harus punya ruangan khusus
    2. penempatannya mic, ampli & tata ruangan harus dicari2
    3. tidak bisa dimainkan dimalam hari karna berisik :D (misalnya ndak punya ruangan kedap suara kaya saya)
    4. mahal di alat (kendala pertama saya :p )
    5. ndak flexibel (misalnya si klien yang ingin rekaman bergenre jazz tapi punya nya ampli yang cenderung buat metal, pasti suara nya tidak sesuai dengan keinginan klien)

    kalau direct:
    1. tinggal colok, insert VST seperti guitarig, setting sesuai keinginan
    2. suara pasti lebih tipis dari todong (menurut saya loh, ndak tau kalo yang lain)
    3. gk ganggu tetangga (dengerin aja pake headset, beres :D )
    4. murah :)
    5. flexibel, kalau metal tinggal kasih amplitube metal, kalau genre lain tinggal kasih VST lain
    6. setting mudah


    saya sih lebih condong ke direct mas, tapi itu kalau saya loh... soalnya kan saya hanya buka studio di dalam kamar saja, yang notabene alatnya sangat-sangat minim, bahkan kamar saya tidak pake pengedap suara...

    seandainya kalau dikamar saya pake todong, wah bisa2 dimarahin tetangga :p

    lagian alat2 nya juga ndak punya... :D

    ReplyDelete
  6. jahahaha,, om ini banyak kendala ya?? hehehe

    ReplyDelete
  7. @arul: hhehe.. keterbatasan membuat kita semakin pintar mencari celah atau alternatif nya :D

    ReplyDelete
  8. mas saya pernah rekam bass dgn cara direct tanpa alat tambahan tuh kok nyetrum y wktu pgang senarnya?teganganya kecil sih,tapi sangat mengurangi kenyamanan....mungkin bisa memberikan solusi?thx sebelumnya..

    ReplyDelete
  9. @sando: pasti komputernya belum di ground yah??

    coba di ground mas... alat yang dibutuhkan itu kabel yang bisa mengalirkan listrik ketanah...

    juga sebuah paku untuk menembus lantai rumah mas (lebih baik sih lantainya di lubangi terlebih dahulu dengan bor, lalu baru ditancapkan paku dibolongan itu (paku harus panjang agar menyentuh tanah...)

    jadi pasang kabel di casing CPU (dililitkan di casing CPU) terus ujung kabel lainnya dililitkan dipaku yang sudah ditancapkan tadi...

    ReplyDelete
  10. mas alfin kalau mau ngetake lagu..
    yang pertama kali take tuh isntrument apa..?

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  12. @ifan: kalau saya biasanya...
    - guitar untuk guide
    - terus gambar drum
    - guitar guide nya dikecilin, take bass
    - guitar guide nya dihapus, take rhythm + lead / melodi
    - lead vocal
    - backing vocal

    basic nya sih itu, tapi kalo ada tambahan seperti keyboard, tinggal diselip2in aja :)

    ReplyDelete
  13. oiya yaaa.. :p thx y mas bonard...

    ReplyDelete
  14. mas bonard, kalo akustikan bass pasif colok langsung ke mixer kan suaranya kecil tuh. nah sbg pangganti DI Box, bisa ga pake multifx digital ga?
    tengkyu.

    ReplyDelete
  15. bang...apakah kalo rekaman pake audition...cubase...nuendo..dll, emg harus make hardware sound card ya??
    kalo gak, bisa kah?

    ReplyDelete
  16. gw yakin bos bonard bakal tambah ilmu dengan bagi2 ilmu,top saluuuut.

    ReplyDelete
  17. mas alfin>> salam kenal..aku senang dengan postingan tutorial yang sederhana tapi penting banget,langsung pada masalahnya..jadi aku yang pemula ini ngebacanya langsung "klik".
    Trus aku mau tanya nich..aku suka dengan dunia recording, tapi terbatas alat hehe..aku cuma punya modal laptop + external Soundcard.
    Laptopnya dell Vostro 1088 dan external SC M-audio fastrack pro. Untuk DAW baru coba Cubase 5. yang aku mau tanya bisa di jelasin ngga cara menggunakan M-audio yg benar untuk recording. atau buat tutorial sekalian dech..hehe ok thanks bro atas penjelasannya
    salam
    malta060209@Gmail.com

    ReplyDelete
  18. Salam Creative Mas Bonard.............
    Saluttt, kayak teman-teman lain, dua jempol buat mas Bonard...
    Aku pengen banget buat home recording, tapi alatnya terbatas banget....
    mixer behringer xenyx 2442fx, pc (anggap aja udah mumpuni, heheee) ma alat musik....
    Pertanyaanku, gimana routing yang pas buat alatku? trus dimana aku dapetin software yang cocok, legal (dan murah :D)
    trus aku pernah liat ada yang pake software vocal editor, semacam pitch editor, apa namanya...?
    gitu aja dulu mas, mohon bantuannya (garing ya...?)
    trim's

    ReplyDelete
  19. sando said...
    oiya yaaa.. :p thx y mas bonard...

    sama sama mas :)



    njp said...
    mas bonard, kalo akustikan bass pasif colok langsung ke mixer kan suaranya kecil tuh. nah sbg pangganti DI Box, bisa ga pake multifx digital ga?
    tengkyu.

    hmm.. jujur saya belum coba mas, sudah dicoba kah mas njp?

    mungkin yang dibutuhkan mas itu preamp bukan DI box... di mixer kalau ndak salah sudah build in preamp kok mas, mixer nya pakai apa?

    kalau mas mau diskusi lebih lanjut, coba main-main ke forum aja mas, di http://distorsi.us ;)



    Anonymous said...
    bang...apakah kalo rekaman pake audition...cubase...nuendo..dll, emg harus make hardware sound card ya??
    kalo gak, bisa kah?

    kalau ndak ada soundcard, jangankan untuk merekam mas, untuk dengar lagu dari winamp saja ndak bisa... setiap laptop / komputer sudah pasti ada soundcard nya kok mas ;) (onboard). yang beda itu apakah soundcard tersebut layak / bagus ndaknya untuk merekam audio, coba mas baca-baca artikel saya di -> Tutorial: Alat yang dibutuhkan untuk membuat studio rekaman audio sederhana.. Kalau mau diskusi lebih lanjut bisa kita diskusikan di forum distorsi di http://distorsi.us



    Anonymous said...
    gw yakin bos bonard bakal tambah ilmu dengan bagi2 ilmu,top saluuuut.

    Amin, makasih yah mas doanya, saya doakan juga yang sama ke mas :)



    Anonymous said...
    mas alfin>> salam kenal..aku senang dengan postingan tutorial yang sederhana tapi penting banget,langsung pada masalahnya..jadi aku yang pemula ini ngebacanya langsung "klik".
    Trus aku mau tanya nich..aku suka dengan dunia recording, tapi terbatas alat hehe..aku cuma punya modal laptop + external Soundcard.
    Laptopnya dell Vostro 1088 dan external SC M-audio fastrack pro. Untuk DAW baru coba Cubase 5. yang aku mau tanya bisa di jelasin ngga cara menggunakan M-audio yg benar untuk recording. atau buat tutorial sekalian dech..hehe ok thanks bro atas penjelasannya
    salam

    jujur saya belum pernah menggunakan M-audio fastrack pro, tapi kalau mas mau, mas bisa diskusi di forum distorsi di http://distorsi.us. Ada yang banyak memakai soundcard external disana, jadi mas bisa sharing dengan anggota member yang lain ;)



    Andy said...
    Salam Creative Mas Bonard.............
    Saluttt, kayak teman-teman lain, dua jempol buat mas Bonard...
    Aku pengen banget buat home recording, tapi alatnya terbatas banget....
    mixer behringer xenyx 2442fx, pc (anggap aja udah mumpuni, heheee) ma alat musik....
    Pertanyaanku, gimana routing yang pas buat alatku? trus dimana aku dapetin software yang cocok, legal (dan murah :D)
    trus aku pernah liat ada yang pake software vocal editor, semacam pitch editor, apa namanya...?
    gitu aja dulu mas, mohon bantuannya (garing ya...?)
    trim's

    Untuk software berbayar yang legal, mas bisa kunjungi chandracom.net, kalau ingin software yang freeware, coba mas search di google, pasti banyak disana :D

    ReplyDelete
  20. kak bedanya hasil rekaman teknik todong dan direct gimana ??
    klo pke drum midi sama todong gimana ??
    bayu

    ReplyDelete
  21. mas,,
    jacknya kabel gitar sama sound card kan beda bangett,,
    beda ukuran,,
    caranya gimana mas biar bisa masuk?
    ada tambahan apa gimana?
    thx before..

    ReplyDelete
  22. mas bonard kok forumnya g bisa di akses?

    add ym ane dong bang bramana_dwi
    pengen tanya2 neh...

    thx

    ReplyDelete
  23. salut dengan info2nya mengenai sound. saya mau nanya..saya sudah mencoba menggunakan mixer..seperti metode yg anda pakai tp ketika rekam suara kok banyak noise...kenapa yah.. ada gak info mengenai mixer? btw..untuk merekam suara bagusnya program apa yg saya pakai ?

    ReplyDelete
  24. mas, minta spek yang baik untuk home recording tapi ditujukan untuk masuk youtube aja mas, mic, instrumen udah ada. kira2 apa ya spek yang baik tapi masih terjangkau ?

    saya cuma vocal + keyboard saja kok yang bakal direkam.

    terima kasih

    ReplyDelete
  25. mas ipin minta alur live reording di studio donk trus software apa yang cocok tuk d pakai,,,,,,mksh

    ReplyDelete
  26. selamat malam master...saya mau tanya nih...:)
    saya kan mau take gitar dengan routing "guitar > input head > soundcarad"..karna saya mau ambil distorsi dari head....tapi yg saya bingung..dari head untuk masuk ke input soundcard itu ngirim lewat apa yaa?? saya udah coba lewat send dan return tapi ga mau masuk ke soundcard...padahal sound yg saya mau sudah nyala di cabinet...
    mohon bantuannya master :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus nya bisa... coba pakai kabel yang TRS / ring nya 2 deh...

      Delete
  27. Mas bonard, saya mau nanya routing untuk alat-lat berikut untuk kebutuhan Home recording. Soundcard, mixer, graphic equalizer raxk, compressor rack, exciter rack. Routingnya gmn ya mas dari dan ke soundcard? Tq

    ReplyDelete
  28. Bang, kalok untuk live recording itu urutannya gmn?? Yang diperlukan alatnya apa saja? Thanks.

    ReplyDelete

 

Follower

Facebook Box

Twitter

Copyright © 2010 Distorsi All Rights Reserved
Distorsi | Toko Distorsi | Contact Us | Bonard Alfin's Blog | Merakit Quadcopter